• Jumat, 29 September 2023

Kuntul Besar, Predator Tangkas dengan Pola Berburu "Berdiri Tunggu” Layaknya Pemancing

- Selasa, 19 September 2023 | 07:34 WIB
Kuntul Besar miliki rentang sayap bisa mencapai 2,5 meter berdiri diam di air dangkal menunggu mangsa  (tangkapan layar YouTube planetvielfalt)
Kuntul Besar miliki rentang sayap bisa mencapai 2,5 meter berdiri diam di air dangkal menunggu mangsa (tangkapan layar YouTube planetvielfalt)

KalbarOke.com - Dalam dunia burung air yang megah dan elegan, Kuntul Besar (Ardea goliath) adalah salah satu spesies yang mendominasi. Burung ini adalah anggota keluarga Ardeidae, yang juga mencakup rekan-rekannya yang terkenal seperti kuntul, bangau, dan burung camar.

Dengan rentang sayap yang mengagumkan mencapai 2,5 meter dan kemampuan unik untuk mengubah warna kulit wajahnya, Kuntul Besar adalah salah satu burung yang patut diungkapkan lebih lanjut.

Identifikasi Kuntul Besar

Kuntul Besar adalah salah satu burung terbesar dalam keluarga Ardeidae, dengan panjang tubuh mencapai 120 hingga 152 cm dan tinggi di atas air hingga 150 cm. Yang paling mencolok dari Kuntul Besar adalah rentang sayapnya yang luar biasa, bisa mencapai 2,5 meter. Sayap yang besar ini membantu mereka dalam terbang di atas air dengan anggun.

Variasi Warna Kulit Muka

Salah satu ciri khas yang membedakan Kuntul Besar adalah kemampuan mereka untuk mengubah warna kulit muka mereka. Warna kulit muka Kuntul Besar dapat berubah dari hijau ke biru pucat selama musim berbiak. Ini adalah fenomena yang menarik yang membantu dalam komunikasi antarindividu selama masa kawin.

Habitat dan Penyebaran

Kuntul Besar dapat ditemukan di berbagai habitat air, termasuk sungai-sungai besar, danau-danau, dan rawa-rawa di sebagian besar wilayah Afrika Sub-Sahara. Mereka juga terlihat di beberapa bagian dari Semenanjung Arab dan Asia Selatan. Kuntul Besar adalah burung pemakan ikan dan makanan lain yang hidup di air, dan mereka sering kali mencari mangsa di perairan dangkal.

Baca Juga: Ibex Alpen, Kambing Liar Pemberani di Pegunungan Alpen yang Menolak Gravitasi

Perilaku Makan

Kuntul Besar adalah predator tangkas yang berburu dengan memperlakukan diri mereka sebagai "berdiri-tunggu." Mereka berdiri diam di air dangkal, menunggu mangsa seperti ikan, katak, dan serangga air untuk mendekati mereka. Saat mangsa muncul, Kuntul Besar meraihnya dengan cepat menggunakan paruhnya yang panjang dan tajam.

Masa Berbiak

Masa berbiak Kuntul Besar biasanya terjadi selama musim hujan. Selama periode ini, warna kulit muka mereka berubah menjadi biru pucat yang cerah untuk menarik pasangan. Mereka membangun sarang di atas pohon atau semak-semak di dekat air dan biasanya bertelur satu hingga tiga telur dalam satu musim berbiak.

Konservasi

Halaman:

Editor: Deli

Sumber: Open AI

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X