300 Set Mesin PETI Tak Berizin Masih Saja Beroperasi

0
Aktivitas Penambang Emas Tanpa Izin (PETI) di sungai Kapuas, dekat dermaga Simba desa Simba raya kecamatan Binjai hulu Kabupaten Sintang, Kamis(4/10) siang. (Foto : Zain)

Sintang, kalbaroke.com – Masalah penambangan emas tanpa izin(PETI) seolah sulit berakhir di Sintang. Meski beberapa bulan terakhir telah ditertibkan dan dilakukan penindakan, masih saja perbuatan ilegal tersebut berlangsung.

Berdasarkan pantauan jurnalis kalbaroke.com Kamis(4/10) siang, tampak dengan jelas penambangan emas sedang berlangsung di Sungai Kapuas. Tepatnya di dekat dermaga Simba, desa Simba raya kecamatan Binjai hulu, Kabupaten Sintang.

Seorang warga desa Simba raya, yang tidak ingin namanya disebutkan mengatekan, penambangan ini sudah lama terjadi. Bahkan kalau dihitung, sepanjang sungai ini mungkin jumlahnya ada lebih dari 300 set mesin yang beroperasi.

“Jangan tanya barang ini, bukan lagi sudah lama. Ini kalau ada yang mampu berantas, kalau tidak salah ada sekitar 300 lebih. Silahkan nuan lihat pakai spit, Ndak usah dari darat”, ujarnya dengan logat khas masyarakat timur Kalbar. (ZAIN)

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 844 kali