Akim Bangga Siswa Kalbar Juara Lomba Pilar Kebangsaan

PONTIANAK, KB1- Kepala Dinas Pendidikan Kalbar, Alexsius Akim mengaku bangga dengan para siswi di Kalbar yang telah banyak memenangkan lomba, baik di tingkat daerah, nasional maupun internasional. Satu di antaranya adalah lomba olimpiade penelitian siswa dan cerdas cermat empat pilar kebangsaan. Ini merupakan prestasi yang membanggakan Kalbar dan Indonesia.

” Hal ini yang harus kita pertahankan dan ditingkatkan terus,” katanya

Upaya untuk mempertahankan prestasi ini perlu dukungan semua pihak baik dari pemerintah, orang tua dan masyarakat secara umum. Menurutnya, kebanggaan ini bukan hanya dirasakan oleh Kalbar karena sebagai pemenang lomba, tetapi juga menjadi kebanggaan bagi negara kerana Kalbar akan mewakili Indonesia untuk lomba di tingkat Internasioal.

Baca :  Daftar Cawako di PKS, Andi Harun Siap Membangun Mendidik Masyarkat

Dinas Pendidikan sendiri mendorong untuk mempersiapkan agar lebih banyak siswa para yang memiliki prestasi, baik ditingkat nasional bahkan di tingkat internasional.

Di sisi lain, tidak sedikit pelajar Kalbar yang berprestasi diambil dan diberdayakan oleh negara lain. Hal ini bukan saja permasalahan Kalbar, namun juga Indonesia, karena terkadang yang membiayai bahkan sampai doktor dibantu oleh negara lain.

Baca :  Daftar ke PKB, Andi Harun-Sugioto (Rico) Berpasangan Maju Pilwako Pontianak

“Tentunya pelajar kita merasa balas budi terhadap negara tersebut,” tuturnya.

Biasanya negara yang mendanai akan memberikan pilihan.”Kalau ingin pulang tidak apa-apa, tapi jika tetap di sini kami sudah mempersiapkan semuanya termasuk pekerjaan,” tuturnya. “Nah inikan menjadi pemikiran dari pelajar sendiri untuk menetap di negara yang mendanai lantaran lapangan pekerjaan sudah pasti,” tambahynya. (sai/01)

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 1304 kali