BALITA 11 BULAN KENA ISPA

PONTIANAK, KB1 – Seorang balita laki-laki bernama Muhammad Septian Gunawan dilarikan orang tuanya ke Rumah Sakit Yarsi Pontianak Timur Senin (14/9/15). Balita berumur 11 bulan ini mengalami demam dan panas tinggi sejak tiga hari yang lalu. Setelah menjalani sejumlah pemeriksaan oleh petugas medis di rumah sakit tersebut, Septian didiagnosa mengalami gangguan di sistem pernapasannya. “Keluhan utamanya adalah batuk pilek, namun berdasarkan riwayat penyakitnya balita ini sudah pernah mengalami penyakit pneumoni (gangguan pernapasan) sejak dia berumur tiga bulan” ungkap Astuti yang merupakan Kepala Ruangan Anak di Rumah Sakit Yarsi Pontianak.
Kondisi udara yang tidak sehat di Kota Pontianak belakangan ini dikatakan berpotensi memperparah penyakit pernapasan yang diderita Septian. “Mungkin ditambah keadaan cuaca dan lingkungan yang saat ini banyak asapnya bisa menyebabkan penyakitnya kambuh”, lanjut Astuti.
Hal senada diakui oleh Ayah kandung Septian, Heri Gunawan, penyakit anaknya tersebut memang pernah terjadi saat berumur tiga bulan. “Awalnya deman dengan panas badan tinggi, batuk-batuk juga kejang, kata dokter bukan ISPA, tapi paru-parunya yang sakit dan lebih parah dari ISPA” ujarnya bercerita.
Saat ini septian ditangani petugas medis dengan cara memberikan alat bantu pernapasan dengan tabung oksigen. Kondisi tubuh balita ini maseh tampak lemah, kedua orang tuanya terus mendampingi Septian saat menjalani perawatan dari petugas medis. (Fjr/06).

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 1627 kali