Bentuk Masyarakat Sadar Wisata

PONTIANAK, KB1 – Sungai Kapuas merupakan salah satu objek wisata andalan di Kota Pontianak. Oleh karena itu, Pemkot Pontianak secara intensif akan menata kawasan pinggiran Sungai Kapuas agar lebih nyaman dikunjungi oleh para wisatawan.

“Upaya ini juga turut melibatkan masyarakat yang tergabung dalam kelompok sadar wisata,” kata Hilfira Hamid, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pontianak, kepada kalbarsatu.com, Rabu (12/11/2014).

Ia mengatakan, Kota Pontianak kini menjadi tujuan wisata utama di kalimantan barat, karena memiliki berbagai lokasi wisata mulai dari wisata alam, sejarah, hingga kuliner. Apalagi Kota Pontianak sebagai Ibukota Provinsi yang menjadi kota persinggahan bagi pengunjung yang tiba dari Bandara Supadio Pontianak hendak menuju daerah lain di provinsi ini.

“Salah satu objek wisata yang menjadi andalan kota ini adalah sungai kapuas, untuk itu Pemkot secara intensif melakukan pembenahan di kawasan tersebut,” katanya.

Menurut dia, agar upaya ini berjalan secara maksimal, Pemkot mengikut sertakan masyarakat dengan cara membentuk kelompok sadar wisata di setiap kecamatan. Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap pariwisata di kota Pontianak.

“Jika masyarakat peduli dengan pariwisata di kota ini, maka secara tidak langsung kondisi tersebut juga dapat memperbaiki perekonomian mereka,” jelasnya.

Hilfira menambahkan, sektor pariwisata di Kota Pontianak menyimpan potensi yang begitu besar, baik dari kelompok wisata alam mapun wisata budaya. “Jika dikelola dengan baik, tentu kota ini dapat menjadi tujuan wisata tidak hanya bagi wisatawan lokal tapi juga nasional maupun manca negara,” harapnya. (Tan/02)

 

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 1421 kali