Bidang Kesehatan Andalan Desa Sungai Raya Ikut Lomba Desa 2019

0
Foto bersama di halaman Kantor Desa Sungai Raya, Selasa (14/5/2019) Pagi. Foto Septa Haryati

Kubu Raya – Pemerintah Desa Sungai Raya, menonjolkan pelayanan kesehatan reproduksi di Kantor Desa guna memenangkan Lomba Desa 2019 yang digelar oleh Pemprov Kalbar. Sebab berdasarkan data Puskesmas Sungai Raya, tingkat kerawanan kesehatan reproduksi di wilayah tersebut tercatat cukup tinggi.

Lomba Desa 2019 adalah hal yang baru pertama kali diikuti oleh Desa Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya. Meski demikian, Desa Sungai Raya sebelumnya pernah meraih prestasi juara satu PKKBKES tingkat kabupaten dan juara dua di tingkat provinsi.

Baca :  Selangkah Lagi PKK Teluk Empening Menuju Juara Nasional

“Alasan kami menonjolkan bidang kesehatan ialah karena tingginya tingkat kerawanan kesehatan reproduksi di wilayah Sungai Raya, selain itu inovasi dalam bidang pendidikan juga kami lakukan guna memenangkan lomba desa ini,“ ujar Kepala Desa Sungai Raya, Pitut Dwi.

Sementara itu, Ketua Tim Penilai Lomba Desa, Ahmad Salafudin mengungkapkan jika  lomba desa kali ini hanya diikuti oleh 10 kabupaten dan satu kota. Hal ini dikarenakan, belum siapnya sejumlah daerah untuk mengikuti lomba desa.

Baca :  Rumah Terendam Banjir Warga Tak Mengungsi

“Sejauh ini baru ada 11 daerah yang mengikuti lomba ini, jika kami lihat alasanya yakni belum siapnya daerahh tersebut untuk berpartisipasi. Sehingga kami berharap ke depanya seluruh daerah di Kalbar mampu turut serta,“ harapnya.

Ahmad salafudin menambahkan, jika tim penilai bukan seorang pemeriksa namun sebagai pembina guna melakukan evaluasi perkembangan desa dan kelurahan dengan Permendagri Nomor 81 Tahun 2015 tentang evaluasi perkembangan desa dan kelurahan. (Ata)

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 159 kali