Bonus Kecil, Seperti Ini Curhatan Atlet Kubu Raya

0
Hariyani (kerudung merah) dan Wendi Setiawan (baju hitam) atlet judo Kubu Raya, bersama Ketua Pengurus Kabupaten (Pengkab) Judo Kubu Raya, Indra Wijaya (baju biru). Foto Septa Haryati

Kubu Raya – Usai mengarumkan nama daerah di ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalbar ke-XII, sejumlah atlet yang berhasil membawa medali merasa tidak dihargai dengan sepadan. Untuk peraih medali emas mendapatkan Rp 3,5 Juta, medali perak Rp 1,250 Juta, dan medali perunggu Rp 600 Ribu.

Atlet Judo Kubu Raya, Hariyani peraih medali perak pada ajang Porprov Kalbar ke-XII, mengaku sangat kecewa apresisai yang diberikan Pemkab dan KONI Kubu Raya.

“Kami sangat kesal dan kecewa, usaha kami selama ini tidak dihargai. Bukan kami tidak mensyukuri, tapi bonus yang kami terima benar-benar tidak sesuai dengan usaha yang kami lakukan selama ini. Kami membawa nama Kabupaten, jika kami kalah, kami juga malu,” ujarnya saat ditemui di kediaman pelatinya, Minggu (30/12).

Atlet judo lainnya, Wendi Setiawan pun  berharap ke depannya pihak-pihak terkait, khususnya KONI Kubu Raya, bisa memberikan perhatian kepada atlet-atlet Kubu Raya. “Setidaknya ada perhatian yang sesuai dengan apa yang kita butuhkan dan kita keluarkan. Karena selama kita berlatih, cukup banyak mengeluarkan biaya pribadi,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Pengurus Kabupaten (Pengkab) Judo Kubu Raya, Indra Wijaya mengatakan, sebelum Porprov XII Kalbar digelar, KONI Kubu Raya tidak pernah membahas bersama dengan Pengkab Judo, terkait bonus untuk atlet yang memperoleh medali. Pengkab hanya dilibatkan terkait jadwal penentuan pelepasan atlet dan jadwal bertanding saja.

“Jika dibandingkan pada tahun 2010, anggaran Kubu Raya sangat kecil dari pada anggaran sekarang.  Tapi ketika itu, bisa memberikan perhatian kepada atlet. Sudah dua kali Porpov, bonus atlet selalu tidak jelas. Bahkan mengalami penurunan,” sesal Indra.

Pada ajang Porprov XII Kalbar 2018 lalu, cabang olah raga Judo tim Kubu Raya berhasil meraih tujuh medali dari delapan yang diikuti. Prestasi yang diperoleh di antaranya mendapatkan satu medali emas, tiga perak, dan tiga perunggu. (Ata)

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 950 kali