Cara Mudah Budidaya Cacing Nipah

Ilustrasi. Youtube.com

Pontianak, KalbarOke.com – Tim dosen dari Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Tanjungpura Pontianak gelar pelatihan budidaya cacing nipah kepada kelompok masyarakat pengumpul cacing nipah di Desa Sungai Itik, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya. Pelatihan diberikan untuk mengenalkan teknik fertilisasi cacing nipah yang lebih sederhana.

Dosen Biologi Fakultas MIPA Untan Pontianak, Junardi mengatakan cacing nipah yang memiliki nama latin Namalycastis sp sudah cukup dikenal oleh masyarakat Kalimantan Barat. Cacing ini dimanfaatkan sebagai pakan dalam budidaya ikan maupun digunakan sebagai umpan untuk memancing.

“Sedangkan untuk memperoleh cacing nipah, masyarakat umumnya masih mengandalkan hasil penangkapan dari alam,” kata Junaidi, kepada kalbarsatu.com, Senin (3/11/2014).

Dengan begitu, lanjut Junaidi, cacing nipah yang didapatkan kurang memadai untuk skala komersil. Maka untuk membantu masyarakat yang menekuni usaha ini, tim dosen dari Jurusan Biologi Fakultas MIPA Untan mensosialisasikan cara budidaya cacing nipah. “Kita telah berhasil membiakkan cacing nipah di laboratorium hingga fase larva,” jelasnya.

Melalui sosialisasi, tim dosen dari Jurusan Biologi Fakultas MIPA Untan mengajarkan bagaimana proses tersebut dapat dilakukan oleh masyarakat pengumpul cacing nipah di Desa Sungai Itik. Pada kesempatan tersebut, Sedikitnya 50 orang petani pengumpul cacing nipah hadir untuk mendapat pelatihan. Mereka dengan seksama mengikuti arahan demi arahan yang diberikan oleh tim.

“Kedepannya, kita menargetkan akan melakukan sosialisasi yang lebih luas agar budiaya cacing nipah dapat terealisasi di Kalimantan Barat,” tekad Junaidi. (Tan/02)

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 15504 kali

Leave a Reply

Your email address will not be published.