Dinas Pu Kerahkan Eksvakator, Cabut Tiang Jembatan Sui Jawi

PONTIANAK, KB1- Dinas Pekerjaan Umum (PU)Pontianak mengerahkan satu unit eksvakator di Sungai Jawi, Kecamatan Pontianak Barat, Senin (13/10/2014) pagi. Alat berat ini diperuntukan untuk membongkar jembatan di sepanjang aliran Sungai Jawi.

Pelaksana Kegiatan, Dinas PU Pontianak, Adi mengatakan, dalam kegiatan ini ia menurunkan enam personil. Nantinya eksvakator ini akan mencabut tiang, pasca pembongkaran jembatan. Karena nantinya jembatan yang akan dibangun akan menggunakan konsep modern, tanpa tiang tengah.

“Sehingga lebih menimbulkan kesan ramah lingkungan,” kata Adi kepada kalbarsatru.com.

Baca :  Daftar Cawako di PKS, Andi Harun Siap Membangun Mendidik Masyarkat

Sebelumnya aktivitas pembongkaran tiang bekas jembatan dari dasar sungai belum sepenuhnya tuntas, mengingat aktivitas pencabutan menggunakan cara manual sulit dilakukan. Dengan bantuan alat berat ini, diharapkan bisa mempermudah para pekerja menuntaskan pencabutan tiang penyangga jembatan.

“Setelah tiang tercabut semua, kita akan bangun konsep jembatan tanpa tiang di tengah,” tuturnya.

Tujuannya, selain ramah lingkungan, konsep ini juga untuk menghindari sampah agar tidak menyangkut pada tiang penyangga. Keuntungan lain, transportasi air juga bisa melintasi aliran Sui Jawi ini tanpa ada hambatan dari fisik jembatan itu sendiri.

Baca :  Daftar ke PKB, Andi Harun-Sugioto (Rico) Berpasangan Maju Pilwako Pontianak

“Jembatan tanpa tiang tengah kan lebih bagus. ndak ade lagi sampah-sampah yang sangkut di bawah jembatan, arus sungai pun jadi lancar, orang mau pakai perahu pun bise,” kata Adi.

Dalam kegiatan ini Dinas PU menargetkan akan menuntaskan pembongkaran jembatan hingga Jalan Dr Wahidin. Kayu -kayu bekas jembatan yang akan dicabut selanjutnya akan dikembalikan kepada masyarakat yang membangun jembatan tersebut. (tan)

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 1724 kali