Dinkes Ketapang : DBD di 17 Kecamatan Ini Meningkat

0
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ketapang, Rustami.

Ketapang – Jumlah kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Ketapang terus mengalami peningkatan sejak sepekan lalu. Hal tersebut dibenarkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ketapang, Rustami.

Rustami mengaku, pihaknya mencatat, sepanjang tahun 2018 hingga Bulan November lalu, ada 580 kasus DBD yang tersebar di 17 Kecamatan. Dua diantara penderitanya meninggal dunia. Jumlah tersebut jauh lebih banyak dibanding tahun 2017 lalu yang hanya 356 kasus.

Menurut Rustami, meningkatnya kasus DBD ini ada kaitannya dengan kondisi cuaca ekstrem yang tengah melanda. “Peningkatan kasus DBD, dipicu musim penghujan juga. Apalagi, ini juga memasuki siklus empat tahunan yang memang pada siklus DBD mengalami peningkatan,” ujar Rustamin.

Rustami menjelaskan hanya tiga Kecamatan di Ketapang yang hingga saat ini bebas dari DBD. Yaitu Kecamatan Singkup, Simpang Dua dan Manis Mata. Sedangkan 17 Kecamatan lainnya positif terdapat kasus DBD.

“Kecamatan paling banyak kasus Delta Pawan. Dimana hingga minggu ke-47 mencapai 276 Kasus. Sisanya, di Benua Kayong ada 55, Kendawangan ada 52. Dimana Total ada 17 kecamatan yang mengalami peningkatan kasus DBD. (Ar)

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 791 kali