Gempa Tektonik di Sintang Tidak Berpotensi Tsunami

0
Peta Guncangan Gempa Bumi yang terjadi di Sintang, Sumber : bmkg.co.id.

Sintang – Gempa bumi melanda di sekitar Bukit Kelam, Kecamatan Kelam Permai, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, Rabu (27/3/2019) Pagi. Berdasarkan informasi yang dihimpun KalbarOke.com dari website bmkg.co.id, getaran tersebut akibat gempa bumi tektonik yang terjadi sekitar pukul 05:40:14 WIB di wilayah Sintang.

Gempa bumi tektonik yang terjadi dengan magnitudo 3,1 dan kedalaman 5 kilometer. Di mana, pusat gempa berada pada koordinat 0.08 LU dan 111.92 BT atau tepatnya di darat 48,63 kilometer, Timur Laut Sintang Kalimantan Barat.

Sebagaimana press release yang disampaikan Kepala Stasiun Geofisika Balik Papan, Mudjianto, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal dan gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar lokal. Hasil pemodelan menunjukan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” jelas Mudjianto.

Dampak gempa bumi berdasarkan informasi dari masyarakat dirasakan I-II MMI di Kabupaten Sintang, Kalbar. Di daerah tersebut, guncangan gempa bumi dirasakan oleh beberapa orang. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.

Hasil monitoring BMKG, belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan. Namun, masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Terkait dengan peristiwa gempa bumi yang baru saja terjadi, hasil monitoring BMKG belum menunjukan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock),” ungkapnya.

Untuk itu, masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (inatews.bmkg.go.id atau www.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg. (Zz)

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 656 kali