Haizairin Ajak Petani Gencar Basmi Keong Emas

PONTIANAK, KB1- Musim hujan mulai melanda di daerah Kalbar menyebabkan ada peningkatan terhadap populasi keong mas. Kadis Pertanian Kalbar, Hazairin pun menganjurkan para pengusaha tani untuk gencar membasmi hewan tersebut agar tidak merusak tanaman pertanian mereka.

Peningkatan populasi keong mas pada musim penghujan disebabkan karena kondisi lingkungan yang basah sangat cocok untuk masa reproduksi hewan bercangkang tersebut. Namun hal ini menjadi permasalahan tersendiri bagi para pengusaha tani, sebab hewan tersebut kerap menggerogoti tanaman padi mereka yang baru saja disemai.

Untuk mengurangi kerugian serangan hama keong, Hazairin menganjurkan para pengusaha tani secara rutin membasmi keong mas dengan cara menyemprot maupun menangkap secara manual.

Baca :  Daftar ke PKB, Andi Harun-Sugioto (Rico) Berpasangan Maju Pilwako Pontianak

Selanjutnya Hazairin juga mengatakan keong mas sebenarnya bisa dimanfaatkan sebagai pakan ternak seperti bebek. “Dengan begitu diharapkan para pengusaha tani dapat mendapat keuntungan ganda dari kegiatan pemusnahan hama keong mas,” tuturnya.

Hingga kini hama keong mas memang cukup meresahkan para pengusaha tani di Kalbar. Sebab hewan ini dikatakan relatif kebal terhadap beberapa jenis obat anti hama. Sedangkan pembasmian secara manual dirasa memerlukan waktu dan tenaga yang cukup besar. (tan/01)

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 1539 kali