Harga Bawang dan Telur di Pasar Beringin Singkawang Naik

0
Suasana Pasar Beringin saat dilakukan Sidak. Foto Ist.

Singkawang – Kepala Seksi (Kasi) Distribusi Barang dan Perdagangan Luar Negeri Disperindag Kota Singkawang, Helmi Aswandi mengatakan, berdasarkan pantauan, ada kenaikan harga pada komoditi tertentu di Pasar Tradisional Beringin Singkawang.

Helmi menerangkan, kenaikan terjadi ada pada komoditi Bawang Merah yang kualitas sedang dengan kisaran harga Rp. 28.000 – Rp. 30.000 per kilogram. Kendati demikian, menurutnya berdasarkan harga acuan yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah melalui Permendag Nomor 27 tahun 2017 tentang penetapan harga acuan, untuk Bawang Merah ditingkat Pedagang Pengecer ke konsumen Rp. 32.000 per kilogram, sehingga saat ini masih dalam kewajaran. “Jadi meskipun ada kenaikan yang cukup signifikan pada bawang merah, namun masih diharga acuan,” ungkapnya.

Baca :  PARARA Ajak Masyarakat Berikan Ruang Lebih untuk Pangan Lokal

Sementara Telur Ayam, menurut Helmi memantu dijual seharga Rp. 25.000 per kilogram. Sedangkan harga acuan berdasarkan Permendag adalah sebesar Rp. 22.000 per kilogram. “Mengenai kenaikan ini yang akan kita telusuri apa yang menjadi penyebabnya,” tuturnya.

Berdasarkan pengakuan dari para Pedagang, kenaikan disebabkan naiknya permintaan jelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru. “Tapi, kalau kenaikan sudah diatas Rp. 25.000 per kilogram, maka pihaknya bersama Satgas Pangan akan melakukan sidak,” katanya. (Tri)

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 1109 kali