Hujan Disertai Angin Kencang, Waspada Pohon Besar!

0
Citra radar cuaca berdasarkan pantauan Stasiun BMKG Sintang untuk wilayah Kabupaten Sintang dan sekitarnya, Sabtu (13/10). Foto Zein

Sintang – Sejak sore sekitar Pukul 16.00 WIB hingga Pukul 18.30 WIB, Kota Sintang diguyur hujan, Sabtu (13/10) Malam. Bahkan di saat sore, hujan yang turun disertai angin kencang dan kilat. Karena itu, warga diminta waspada dan tidak berteduh di bawah pohon besar.

“Bulan Oktober curah hujan cukup meningkat dibandingkan September, dan sampai Desember kondisi sama masih kita alami di Sintang,” ujar Kepala Stasiun BMKG Sintang, Supriandi, melalui pesan WhatsApp saat dikonfirmasi KalbarOke.com, Sabtu (13/10), terkait kondisi cuaca saat ini.

Ia mengingatkan, dengan meningkatnya curah hujan masyarakat diminta tetap waspada. Saat kondisi hujan lebat disertai angin kencang dan guntur, masyarakat dihimbau agar menghindari berteduh di bawah pohon yang rindang dan tinggi. Sebab dikhawatirkan akan mengakibatkan patahnya ranting dan dahan, atau bahkan pohon tumbang.

“Jika di halaman ada pohon yang cukup tinggi, lebih baik dipangkas sehingga tidak terlalu tinggi,” katanya.

Supriandi menyampaikan berdasarkan data update peringatan dini cuaca, maka potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat dan guntur masih melanda sebagian besar wilayah Kalbar. Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga Desember.

“Bagi yang akan berpergian, berhati-hati menggunakan kendaraan. Di saat hujan lebat yang mengurangi jarak pandang, lebih baik nyalakan lampu sebagai tanda dan perlambat kendaraan agar terhindar dari kecelakaan,” himbaunya. (Zz)

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 744 kali