Ikan Hanyut Melimpah Ketika Banjir Surut

Sudah empat hari lamanya sejumlah kawasan di Kabupaten Landak dilanda bencana banjir yang cukup tinggi. Sejak Minggu sore kemarin banjir yang berangsur surut itu pun ternyata membawa berkah bagi sejumlah warga di Desa Hilir Kantor, Kecamatan Ngabang. Mereka banyak mendapat Ikan hanyut ke pemukiman akibat sungai meluap.

0
Ikan dari sungai Landak yang meluap hanyut ke pumukiman warga Desa Hilir Kota, Ngabang. Foto Sep.

Ngabang – Sungai Landak di Kabupaten Landak kembali meluap hingga merendam pemukiman warga di tiga Desa di Kecamatan Ngabang. Tiga Desa itu adalah Desa Raja, Desa Hilir Kantor, dan Desa Hilir Tengah.

Ketinggian air bahkan sempat mencapai empat meter di beberapa titik. Akibatya sejumlah warga pun terpaksa mengungsi untuk sementara waktu.

Menurut warga Desa Hilir Kantor, Junaidi, saat banjir melanda dirinya tidak dapat menyelamatkan seluruh harta benda. “Hanya barang seadanya yang dapat diselamatkan seperti pakaian, TV dan kulkas. Sedangkan barang barang lainnya dibiarkan terendam,’ ujar Junaidi. Namun karena banjir pun saat ini sudah berangsur surut, Ia pun mengaku bersyukur.

Baca :  22 Februari Pontianak Mulai Pembelajaran Tatap Muka

Kondisi serupa juga dialami Anita, warga Desa Hilir Kantor lainnya. Anita mengaku tak berhasil menyelamatkan harta benda karena saat itu banjir begitu cepat menenggelamkan rumahnya. “Banjir di sini sudah tiga kali terjadi. Dan untuk yang terjadi saat ini saya belum mendapatkan bantuan dari pihak manapun,” jelas Anita.

Semantara itu, menurut Hajikur selaku ketua RW setempat, Banjir sudah melanda sejak Kamis pekan lalu. Namun walau banjir melanda, ada pula berkah yang datang. Yaitu melimpahnya Ikan dari sungai yang meluap dan hanyut ke pemukiman.

Baca :  Ketahui 7 Jenis Fungsi Marka Kuning dan Putih di Jalanan

“Pada tahun 2020 banjir juga merendam Desa ini, tapi tidak separah sekarang. Tapi walau banjir ada pula rejeki Ikan melimpah hanyut dari sungai,” ujarnya. (Sep/02)

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 400 kali