Ini Spesifikasi KRI Torani-860 : Kapal Teladan Pertama TNI AL

0
KRI Torani-860 binaan Satrol Lantamal XII Pontianak dinobatkan sebagai KRI teladan peringkat pertama tahun 2018. IST

Pontianak – KRI Torani-860; salah satu unsur KRI Lantamal XII Pontianak di bawah pembinaan Satuan Kapal Patroli (Satrol) terpilih sebagai KRI Teladan Peringkat Pertama TNI AL Tahun 2018.

Prestasi itu diumumkan di Puncak Upacara Hari Armada yang berlangsung di Dermaga Sunda Kompleks Satuan Koarmada I, Pondok Dayung Jakarta Utara, Rabu (5/12) kemarin. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Pangko Armada I, Laksamana Muda TNI Yudo Margono.

KRI Torani-860 merupakan jenis kapal patroli cepat dengan ukuran panjang 45,5 meter, lebar 7.9 meter dan tinggi 15 meter. Kapal dibuat di galangan PT. Karimun Anugrah Sejati Batam pada tahun 2015 dan di terimakan Angkatan Laut pada 30 maret 2017.

Baca :  Berikan Layanan Transportasi yang Aman dan Nyaman, Hino gelar Safety Driving Competition

KRI Torani-860 yang dikomandani Mayor Laut (P) Agus Daryono, kapal yang telah mengarungi laut sejauh 319.085.5 mil. Memiliki 35 ABK Kapal dan memiliki beberapa peralatan pendukung seperti Navigasi Radar, Daya Ekosonder, Panel Lampu Navigasi.

Kapal ini juga dilengkapi persenjataan berupa; Meriam Otomatis Kaliber 30mm, jenis Kanon Marlin WS di haluan, serta Meriam Kaliber 12.7mm. Kelebihannya Meriam Kaliber 30 mm yaitu dapat beroperasi secara otomatis yang dilengkapi kamera jarak jauh dan sensor siang dan malam.

Baca :  Berikan Layanan Transportasi yang Aman dan Nyaman, Hino gelar Safety Driving Competition

Fokus penilaian pemilihan kapal perang/KRI terbaik Tahun 2018 ini meliputi tiga aspek, yakni aspek operasional, aspek material dan aspek Personel. (Fjr)

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 715 kali