Kodim Ketapang Gelar Lomba Menyumpit

0
Para peserta wanita sedang menigkuti lomba menyumpit di Halaman Pendopo Bupati Ketapang. Doc.

Ketapang – Lomba menyumpit yang digelar Pemkab Ketapang dan Kodim 1203 mendapat antusias peserta dan masyarakat Ketapang.

Hal itu diungkapkan Komandan Kodim (Dandim) 1203 Ketapang, Letkol Kav. Jami’an. Menurut Dandim lomba menyumpit ini digelar untuk melestarikan dan memperkenalkan sumpit kepada semua kalangan.

“Jika dulunya menyumpit digunakan untuk berburu, namun kini menyumpit dapat dijadikan sebagai olahraga ketangkasan dengan memadukan kekuatan dan insting. Kita berharap lomba menyumpit ini dapat digelar rutin setiap tahunnya,” harap Dandim.

Dandim  juga mengatakan, selain berolahraga lomba ini juga bertujuan untuk melestarika budaya lokal. “Selain sebagai olahraga, anak-anak muda juga ikut melestarikan kebudayaan ini. Daripada melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat, lebih baik berlomba menyumpit. Tapi jangan digunakan untuk hal-hal yang negatif,” ujarnya.

Turnamen ini terbuka untuk semua kalangan. Baik laki-laki dan perempuan. Bahkan juga bagi prajurit TNI. “Semoga dengan adanya kompetisi ini semakin banyak Atlet menyumpit yang bermunculan untuk mengikuti perlombaan di tingkat provinsi bahkan mungkin nasional,” lanjutnya. (Ar)

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 842 kali