Netty Heryawan: Tekankan Fungsi Keluarga Dalam Empat Aspek

PONTIANAK, KB1 – Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Barat Netty Prasetiyani Heryawan yang hadir dalam pelantikan pengurus PW Saliman Kalbar Periode 2015-2020 mengungkapkan tidak ada bangsa yang kuat kecuali menguatkan institusi keluarga terlebih dahulu.
“Sehingga institusi keluarga memegang peranan penting dalam berbangsa dan bertanah air. Saya menekankan fungsi keluarga itu dalam empat aspek yakni fisiologis, psikologis, sosiologi dan transformasi,” ungkap Netty di Ruang Takalar, Mahkota Hotel Pontianak, Sabtu (4/4).
Banyak hal yang harus dibangun dalam keluarga untuk menghasilkan sumber daya manusia yang bermutu dan berperan dalam peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) sehingga dapat memajukan bangsa.
“Kehidupa dalam bekeluarga, situasi rumah tangga sedikit banyak berpengaruh dalam interaksi sosial di masyarakat. Pasti ada hubungannya ketika kepala keluarga dimarahi atasan, menjadi alasan untuk memarahi istri, kemudian istri karena sudah dimarahi suami, mendapat alasan untuk memarahi anak. Akhirnya anak yang terkena imbasnya, anak sebagai generasi mendatang,” jelas Netty panjang.
Untuk itu, kata dia, situasi keluarga dan rumah tangga sangat berdampak di luar. Seluruh aspek yang sudah disebutkan harus menjadi konsep utuh dalam berkeluarga.
“Bagaimana kita bisa berkontribusi dalam pembangunan kalau kita sendiri tidak memiliki konsep yang utuh dalam keluarga,” tukas Netty. (03)

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 1554 kali