Pasar Semi Modern Alianyang Prioritaskan Pedagang Tak Miliki Tempat

0
Kondisi Pasar Semi Modern Alianyang Singkawang dijadwalkan mulai ditempati pedagang 17 Januari 2019.

Singkawang – Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Singkawang, Hendryan mengatakan, Pasar Semi Modern Alianyang dijadwalkan mulai ditempati 17 Januari Mendatang. Pasar akan diprioritaskan ditempati pedagang yang tidak memiliki tempat.

“Pemanfaatan Pasar Semi Modern Alianyang ini harus dilakukan sekaligus, sehingga semua pedagang bisa aktif dan komoditas yang diharapkan bisa tersedia dengan lengkap,” ujarnya kepada KalbarOke.com, Kamis (20/12).

Baca :  PARARA Ajak Masyarakat Berikan Ruang Lebih untuk Pangan Lokal

Menurut dia, saat ini sarana dan prasarana di Pasar Semi Modern Alianyang Singkawang sudah lengkap. Sehingga sudah siap ditempati para pedagang. “Jadi hanya tinggal mematangkan kesepakatan bersama penentuan hari pelaksanaan atau pemanfaatan saja,” ungkapnya.

Selain itu, pihaknya juga akan mengundang calon pengelola atau pihak ketiga untuk membentuk koperasi pasar. Karena sesuai dengan arahan Kemendag, bahwa suatu pasar itu kalau bisa melibatkan pedagang sendiri yang mengelola pasar.

Baca :  PARARA Ajak Masyarakat Berikan Ruang Lebih untuk Pangan Lokal

“Sesuai pengalaman, apabila aturan dibuat oleh mereka sendiri, maka dia akan lebih patuh. Jadi kita harapkan asosiasi pedagang itu yang mengelola sekaligus membuat aturan main di internal pemanfaatan pasar tersebut. Namun tetap mengacu kepada peraturan yang dibuat pemerintah,” jelasnya. (Uli)

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 951 kali