Pelayanan Dasar Jadi Atensi Utama Musrenbang

0
Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan saat membuka Musrenbang RKPD Kec. Kuala Mandor B yang digelar di Aula Kantor Camat Kuala Mandor B, Rabu (13/3/2019) Siang. Foto Septa Haryati

Kubu Raya – Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Kecamatan Kuala Mandor B digelar di Aula Kantor Camat Kuala Mandor B, Rabu (13/3/2019) Siang. Dalam musyawarah ini pelayanan dasar menjadi atensi utama Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan bersama Wakil Bupati Sujiwo. Karena itu, perencanaan pembangunan yang disusun harus mempunyai target sasaran yang jelas.

“Misalnya bicara kesehatan, maka harus ada target peningkatan derajat kesehatan masyarakat yang jelas setiap tahunnya,” ujar Muda Mahendrawan seusai membuka kegiatan.

Baca :  Dukungan Akses Keadilan Merata

Menurut dia, target yang jelas adalah suatu keharusan. Sebab ketersediaan anggaran, harus diikuti dengan konsep ‘money follow function’ atau pengalokasian anggaran dengan pendekatan fungsi.

Karena itu, Muda mengungkapkan Pemerintah Daerah telah melakukan beberapa perubahan mengenai regulasi tentang desa. Sejumlah perubahan yakni pada tiga peraturan Bupati tentang pedoman pengelolaan keuangan desa, tata cara penggunaan alokasi dana desa dan dana desa serta pengadaan barang jasa di desa.

Baca :  Kaum Wanita Diharap Berpartisapasi Tentukan Masa Depan Bangsa di Pemilu

“Kita lakukan perubahan dan nanti akan dilakukan pemaparan tentang tiga Perbup yang dikeluarkan tersebut. Supaya semuanya lebih baik dan tertata ke depan,” harapnya.

Muda menjelaskan Musrenbang adalah salah satu momentum penting dimulainya semua perencanaan yang nantinya disepakati dan dikawal hingga Musrenbang tingkat kabupaten. Itu semua, menurutnya, demi lahirnya kebijakan-kebijakan yang konsisten. (Ata)

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 141 kali