Pemkab Setujui Pembangunan PLTU di Bintang Mas

0

Kubu Raya – Pj Sekda Kubu Raya Yusran Anizam nyatakan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya sangat mendukung rencana pembangunan PLTU Kalbar II di Kabupaten Kubu Raya. Namun, pihaknya akan melakukan penelitian dan penyesuaian terhadap tata ruang Kubu Raya.

“Alhamdulillah, kita sangat mendukung rencana pembangunan PLTU Kalbar II di Kubu Raya. Ini telah melewati survey di beberapa titik dan akhirnya ditetapkan di Desa Bintang Mas, Kecamatan Rasau Jaya. tinggal kita akan pelajari lagi kesesuaiannya dengan tata ruang Kubu Raya yang telah ditetapkan,” ujarnya.

Menurut dia, mengenai masalah perizinan, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya akan sangat mendukung proses perizinan yang akan dibutuhkan oleh Indonesia Power untuk memulai aktivitas pembangunan. Sedangkan terkait kajian lingkungan hidup akan menyesuaikan dengan persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi untuk hal itu.

Baca :  Bawaslu Kubu Raya Matangkan Kesiapan Panwascam

Kehadiran pembangunan PLTU Kalbar II di Desa Bintang Mas, Kecamatan Rasau Jaya, lanjut Anizam, akan memicu pusat pertumbuhan baru di Kubu Raya dan Kalimantan Barat. Sebab dengan terbangunnya PLTU Kalbar, akan membuka akses pelayaran baru berupa transportasi air di Kubu Raya untuk angkutan orang dan barang.

“Pembangunan PLTU Kalbar ini nantinya akan membuka pertumbuhan perekonomian yang baru, pertumbuhan mobilasi dan kegiatan masyarakat yang baru di wilayah Kubu Raya, khususnya di wilayah perairan. Sebab akan membuka akses pelayaran yang baru dari muara sungai Kapuas di Desa Bintang Mas. Dengan demikian, nantinya akan ada dua pintu masuk pelayaran yakni muara Kubu dan muara sungai Kapuas di Bintang Mas,” jelasnya.

Baca :  PLN Sosialisasi Pembangunan PLTU di Kubu Raya

Dia menambahkan tujuan pembangunan PLTU Kalbar tersebut ke depannya akan mampu memenuhi kebutuhan listrik di Kalimantan Barat, sekaligus mengurangi ketergantungan import listrik dari negara tetangga. Sebab dengan dibangunnya PLTU Kalbar dengan kapasitas 2 x 100 mw tersebut akan mengurangi ketergantungan kebutuhan listrik Kalbar umumnya dan Kubu Raya khususnya, terutama daerah yang belum teraliri listrik PLN. (Ata)

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 91 kali