Pemkot Bongkar Sembilan Jembatan Sui Jawi

PONTIANAK, KB1- Pemkot Pontianak melakukan pembongkaran sembilan jembatan di Sungai Jawi, Sabtu (27/9). Pembongkaran ini dilakukan secara bertahap, mulai dari Gang Margodadirejo hingga ke Jalan Dr Wahidin.
“Target kita setiap kali ada jembatan baru yang kita bangun, minimal antara 11 hingga 12 jembatan lama akan kita bongkar,” kata Walikota Pontianak, Sutarmidji saat meninjau pembongkaran jembatan.
Dijelaskan, saat ini jembatan di sepanjang Sungai Jawi, mulai dari Gertak I hingga Jalan Dr Wahidin, jumlah keseluruhannya sebanyak 104 jembatan. Jumlah tersebut akan dipangkas menjadi hanya 9 hingga 11 jembatan saja.

Diakui Sutarmidji, selama ini ada kesalahan persepsi masyarakat terkait pembangunan jalan paralel Sungai Jawi. Banyak yang beranggapan pembangunan jalan paralel itu lantaran untuk mengalihkan arus lalu lintas di Jalan H Rais A Rahman.

Padahal, pembangunan jalan paralel tersebut untuk memudahkan masyarakat yang bermukim di sekitar jalan paralel mengakses jembatan yang nantinya akan dibangun Pemkot. Selain itu, Pemkot berencana juga mengembangkan kawasan tersebut sebagai kawasan wisata pinggir sungai dengan aneka kuliner. Bahkan sepanjang jalan paralel itu akan dipercantik dengan lampu hias serta pepohonan sehingga lebih menarik dan tertata.
Karena jika jembatan hanya ada sembilan, masyarakat yang tinggal di seberang sungai dan untuk mengakses jembatan itu, harus melewati jalan paralel. Nah, malam harinya di mana arus lalu lintas sudah tidak ramai, masyarakat di kawasan tersebut bisa berjualan kuliner.

Sutarmidji menargetkan pembangunan jalan paralel Sungai Jawi akan tuntas semasa dirinya menjabat sebagai walikota. Kendati saat dirinya meninjau pembongkaran jembatan sempat ada warga yang menolak jembatan miliknya dibongkar, namun Sutarmidji tetap memerintahkan pekerja pembongkaran.

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 1749 kali