Penyelundupan 295 Bibit Ikan Arwana Digagalkan Bea Cukai Entikong

0

Entikong – Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean (TMP) C Entikong, Kabupaten Sanggau, menggagalkan upaya penyelundupan sebanyak 295 ekor bibit Ikan Arwana ke Malaysia di PLBN Entikong, Jum’at (22/03) kemarin.

Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan KPPBC TMP C Entikong, Erif Budhi Safety mengatakan, bibit Ikan Arwana tersebut dibawa dengan menggunakan Bus Damri dengan nomor polisi KB 7576 S tujuan Kuching, Malaysia.

“Berdasarkan pemeriksaan terhadap ruangan cargo di Bus, ditemukan 3 tas besar yang berisi bibit Arwana yang sengaja disembunyikan di tempat khusus penyimpanan barang Penumpang Bus,” ungkapnya.

Baca :  STQ XXV Nasional : 1.500 Tamu Akan ke Pontianak

Jenis Ikan Arwana yang diselindupkan diantaranya Arwana Pino berjumlah 187 ekor, Arwana Banjar berjumlah 64 ekor, Arwana Golden Red berjumlah 24 ekor, serta 20 ekor yang jenisnya masih diteliti.

Dari hasil pemeriksaan, Tim Seksi Penindakan dan Penyidikan KPPBC TMP C Entikong melakukan kordinasi dengan Karantina Perikanan Entikong untuk penangan barang bukti berupa bibit Ikan Arwana dan Polsek Entikong untuk melakukan kegiatan penyidikan lebih lanjut.

Baca :  Selangkah Lagi PKK Teluk Empening Menuju Juara Nasional

“Hingga saat ini, kami baru memeriksa Sopir Bus Damri, statusnya masih terperiksa karena sebagai sarana dalam membawa bibit Ikan Arwana. Untuk asal Ikan Arwana masih belum diketahui,” ujarnya.

Rencana tindak lanjut dilakukan serah terima Bibit Ikan Arwana ke BKIPM Entikong dikarenakan di KPPBC TMP C Entikong tidak ada Media penyimpanan Ikan yang hidup, dikhawatirkan barang bukti Ikan akan banyak yang mati. (Uli)

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 309 kali