Rusman Ali Harap Baznas Bantu Entaskan Kemiskinan di Kubu Raya

0
Rusman Ali saat membuka pelaksanaan rapat koordinasi zakat Kabupaten Kubu Raya di Aula Kantor Bupati Kubu Raya, Selasa (12/02) . Foto IST

Kubu Raya – Bupati Kubu Raya, Rusman Ali mengharapkan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Kubu Raya diharapkan dapat melakukan optimalisasi potensi zakat, infak, dan sedekah sebagai upaya untuk pengentasan kemiskinan. Mengingat Baznas sebagai lembaga pemerintah nonstruktural.

Rusman Ali saat membuka pelaksanaan rapat koordinasi zakat Kabupaten Kubu Raya di Aula Kantor Bupati Kubu Raya, Selasa (12/02)  siang mengatakan, Baznas sebagai lembaga pemerintah nonstruktural merupakan institusi untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan dan pengelolaan zakat yang dikeluarkan oleh masyarakat khususnya umat Islam.

“Keberadaan Baznas bisa meningkatkan manfaat zakat untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat sekaligus penanggulangan kemiskinan di negara kita khususnya di Kabupaten Kubu Raya,” ujar Rusman.

Baca :  Bawaslu Kubu Raya Matangkan Kesiapan Panwascam

Menurut Rusman Ali, zakat adalah salah satu intrumen dalam menumbuhkan perekonomian. Selain membantu mengurangi beban pemerintah dalam menangani masalah-masalah sosial, zakat secara tidak langsung dapat membantu dan menopang APBD. “Untuk itu ada beberapa faktor yang mendukung keberhasilan zakat ini. Yakni regulator, motivator, koordinator, dan fasilitator,” sebutnya.

Rusman menerangkan regulator berkaitan dengan sudah lengkapnya panduan yang dikeluarkan pemerintah dalam bentuk Undang-Undang, Peraturan Pemerintah, Instruksi Presiden, hingga Peraturan Badan Amil Zakat Nasional. Hal tersebut kemudian ditindaklanjuti dengan Kantor Kementerian Agama Kabupaten yang harus menjadi motivator atau motor penggerak masyarakat untuk berzakat. Selanjutnya keberadaan Baznas sendiri selaku koordinator dalam hal pengumpulan zakat dan pendistribusiannya. Terakhir fasilitator, di mana Pemerintah Kabupaten Kubu Raya sudah mengalokasikan anggaran kepada Baznas Kubu Raya sesuai kemampuan keuangan Daerah.

Baca :  PLN Sosialisasi Pembangunan PLTU di Kubu Raya

“Karena itu hasil kesepakatan dalam rakor nantinya harus dapat diimplementasikan. Karena zakat harus dikelola dengan baik dan sesuai syariat Islam. Untuk itu, pengurus Baznas harus solid agar apa yang diprogramkan bisa mudah dikerjakan dan memperoleh hasil yang maksimal,” pesan Rusman. (Ata)

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 339 kali