Selain Jaga Tapal, Satgas Pamtas Juga Bina Masyarakat Jadi Prajurit

0
Rio Leonardo; Pemuda Des Sungai Kelik yang berhasil lulus seleksi penerimaan Calon Tamtama Prajurit Karier TNI AD Gelombang II, tahun 2018. Ist

Sintang – Selain melaksanakan tugas menjaga tapal batas Negara, para Tentara yang tergabung di Satgas Pamtas Yonif 320/Badak Putih (SSK III Pos Sungai Kelik) juga melaksanakan pembinaan teritorial pada masyarakat. Seperti membina para Pemuda di Desa Sungai Kelik yang ingin menjadi prajurit TNI.

Rio Lenardo adalah satu diantara Pemuda binaan Pos Pamtas Sungai Kelik yang  berhasil lulus seleksi penerimaan Calon Tamtama Prajurit Karier TNI AD Gelombang II, tahun 2018. Rio saat ini sedang mengikuti pendidikan di Sekolah Calon Tamtama (Secata) Rindam XII/Tpr di Singkawang.

Dansatgas Pamtas Yonif 320/BP, Letnan Kolonel Inf. Imam Wicaksana mengatakan pembinaan kepada para pemuda perbatasan merupakan tindak lanjut dari perintah Pangdam XII/Tpr untuk mempersiapkan para Pemuda di perbatasan menjadi Prajurit. Perintah tersebut disampaikan Pangdam saat kunjungan kerja ke wilayah perbatasan dalam rangka kegiatan bakti sosial memperingati HUT TNI ke-73 di Desa Sungai Kelik beberapa waktu lalu.

“Pos SSK III Sungai Kelik membina tiga pemuda perbatasan untuk dipersiapkan mengikuti seleksi, dan menghasilkan prajurit TNI terbaik,” ujar Dansatgas Pamtas.

Pembinaan yang dilakukan oleh Pos Pamtas Sungai Kelik kepada tiga Pemuda Desa Sungai Kelik tersebut yakni, pembinaan fisik dan membantu mempersiapkan persyaratan administrasi yang diperlukan untuk mengikuti seleksi. “Alhamdulilah dari ke tiganya satu dinyatakan lulus, atas nama Rio Leonardo,” tutur Dansatgas Pamtas.

Rio Leonardo merupakan anak dari pasangan Onisimu dan Mela Yati. Mereka adalah penduduk asli perbatasan. (Ata)

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 935 kali