Si Manis dan Mungil Dari Punggur Yang Terkenal

Harga Langsat Punggur di Tingat Pengepul Rp. 8.000

0
Salah seorang Petani Langsat, Suib, saat sedang memanen buah Langsat di kebunnya di Desa Punggur. Foto Zaini

Punggur – Siapa yang belum mencoba buah yang mungil dan manis yang satu ini? Selain Mungil dan manis buah ini juga kenyal dan gurih loh. Ya, buah ini disebut Buah Langsat.

Sejak sepekan terakhir Buah Langsat sudah mulai nampak banyak dijual para Pedagana buah, baik Pedagang yang rutin maupun musiman di Pontianak, Kubu Raya dan sekitarnya.

Daerah Punggur, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, merupakan daerah penghasil buah Langsat yang sudah terkenal sejak lama.

Baca :  STQ XXV Nasional : 1.500 Tamu Akan ke Pontianak

Setiap tahunnya, ada sekitar ratusan ton Langsat yang dihasilkan dari Daerah yang memiliki Tugu Langsat dan menjadi Ikon Kabupaten Kubu Raya ini.

Salah seorang Petani Langsat, Suib mengaku dalam sehari Ia bisa memanen Langsat sebanyak 600 Kilogram (kg) bahkan lebih, tergantung permintaan. Dengan harga jualnya di tingkat Tengkulak atau Pengepul, yaitu Rp. 8.000 per kg.

Baca :  40 Atlet Kubu Raya Ikuti Popda Kalbar

“Dalam sehari bisa 600 kilo, bisa lebih juga tergantung pesanan. Kalau 2 ton, kita siapkan 2 ton,” jelasnya ke Kalbaroke.com, Senin (14/01).

Tak hanya punya pohon sendiri, Suib juga bahkan memajak atau menyewa pohon Langsat milik orang lain. Dari sejak mulai berbuah, hingga selesai panen.

“Kalau yang ini saya majak (sewa). Dan ndak di sini jak, masih ada di tempat lain. Ada sekitar 300 pohonlah,” pungkasnya. (Zz)

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 706 kali