Simral Tekan Penyalahgunaan Anggaran

0

Kubu Raya – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kubu Raya melaksanakan sosialisasi aplikasi Sistem Informasi Manajemen Perencanaan, Penganggaran dan Pelaporan (SIMRAL) dalam mendukung proses pembangunan daerah di Aula Kantor Bupati Kubu Raya, Kamis (14/3) Sore. Kegiatan ini mengundang semua Kepala OPD dan Camat serta Admin IT dari masing-masing OPD.

Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengatakan, sosialisasi difokuskan pada kebutuhan dukungan implementasi teknologi informasi dalam pengelolaan kegiatan pembangunan daerah supaya konsisten (runut dan utuh), transparan dan akuntabel. Sehingga peluang penyalahgunaan anggaran bisa diminimalkan atau dihilangkan.

“Kita ingin melakukan optimalisasi sistem informasi dan teknologi, pemanfaatan sarana tekhnologi untuk melakukan pengelolaan data supaya lebih transparan, lebih terarah dan runut serta utuh. Sekaligus juga akan meminimalisir segala kemungkinan-kemungkinan penyalahgunaan di lapangan,” ujarnya.

Baca :  Penyerapan Anggaran Masih Rendah

Menurut dia, satu hal yang paling penting dari kegiatan tersebut adalah integrasi antara e-Planning dengan e-Budgeting. Untuk itu, diperlukan upaya percepatan dalam implementasinya. SIMRAL BPPT diharapkan dapat mendukung upaya percepatan implementasi ini melalui model replikasi sistem yang akan diimplementasikan di Pemerintah Kabupaten Kubu Raya.

“Bahwa integrasi e-Planing dan e-Budgeting sangat membutuhkan sinergi dari instansi-instansi terkait untuk dapat merumuskan bersama model yang optimal,” ungkapnya.

Baca :  Muda Optimis Sungai Raya Juara Lomba Desa 2019 di Tingkat Provinsi

Instansi terkait dalam hal ini meliputi OPD dan Kecamatan. Untuk itu, PTIK BPPT siap memberikan dukungan dalam penggunaan teknologi informasi yang dibutuhkan. “Sinergi ini diharapkan dapat terwujudnya penggunaan teknologi informasi atau e-Government yang lebih efektif dan efisien dalam mendukung reformasi birokrasi dan akuntabiltas pelayanan publik di Kubu Raya,” jelas Muda.

Ia menambahkan, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya sangat mendukung Sistem Informasi Manajemen Perencanaan, Penganggaran dan Pelaporan (SIMRAL). “Karena dengan SIMRAL ini secara langsung bisa mengintegrasikan seluruh Perencanaan, Penganggaran, Evaluasi kita lebih baik lagi,” pungkasnya. (Ata)

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 235 kali