Singkawang Tuan Rumah STQ Provinsi ke XXV

0
Wakil Wali Kota Sinkawang, Irwan ( tengah) saat rapat persiapan pelaksanaan STQ tingkat Provinsi dan STQ Nasional di Pendopo Gubernur Kalbar. Foto Ist

Singkawang – Seleksi Tilawatil Quran (STQ) ke XXV (25) tingkat Provinsi Kalbar akan digelar pada tanggal 21-27 April mendatang, usai pelaksanaan pemilu.

Wakil Wali Kota Singkawang, Irwan mengungkapkan, Pemerintah Kota Singkawang telah melakukan berbagai persiapan sebagai tuan rumah pelaksanaan STQ tersebut.

Menurut Irwan, pihaknya telah merencanakan Stadion Kridasana sebagai tempat pelaksanaan pembukaan dan pertandingan cabang tilawah. Kemudian, untuk cabang lainnya akan dilaksanakan di Masjid Agung, Basement dan balairung Kantor Wali Kota Singkawang.

“Ada empat lokasi kegiatan yang Kami rencanakan. Stadion kridasana untuk pembukaan dan cabang tilawah, kemudian Masjid Agung, basement dan balairung,” ujarnya.

Irwan menambahkan pada acara pembukaan nanti, akan ada penampilan atraksi kolosal. Kemudian, selama pelaksanaan STQ, pihaknya akan menggelar Tamaddun Islam yang berisi qasidah, zikir nazam, hadrah, hadrah al banjari dan drum band.

Selain itu, juga akan digelar Festival Busana Muslim dan Festival Qasidah millenial memperebutkan piala bergilir Gubernur Kalbar. Tak ketinggalan Lomba Kaligrafi kontemporer dan pameran.

“Kami berharap festival ini bisa rutin dilaksanakan setiap penyelenggaraan STQ. Tidak hanya itu, Kami menawarkan pada pelaksanaan STQ nanti ada panggung seni dan budaya,” ujarnya.

Untuk menambah semarak STQ, pawai taaruf baik dengan mobil hias, atau dengan kelompok pejalan kaki juga akan diadakan . (Uli)

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 849 kali