Sintang Punya Sekolah Hutan Jerora Orangutan Center

0
Sekolah Hutan Jerora Sintang Orangutan Center (SOC), di Jalan Jerora II Kelurahan Akcaya Kec. Sintang Kab. Sintang. (Doc.)

Pontianak – Sekolah Hutan Jerora Sintang Orangutan Center (SOC), di Jalan Jerora II, Kelurahan Akcaya, Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang, telah diresmikan Senin (22/10).

Bupati Sintang, Jarot Winarno mengatakan pemerintah sangat menyembut baik keberadaan fasilitas Sekolah Hutan Jerora Sintang Orangutan Center ini.

Menurut Jarot, inilah bentuk kesadaran bersama untuk menyeimbangkan antara konservasi, pembangunan lingkungan, pembangunan ekonomi dan penghargaan terhadap adat budaya.

Sehingga kebedaraan sekolah hutan jerora ini sangat penting, sebagai tempat untuk menjaga keberlangsungan hidup orangutan.

“Kita tahu bahwa saat ini orangutan sudah mulai punah. Sehingga tadi kita diskusikan, mereka sudah atur konsep sekolah ini. Tadi saya liat ada terowongan terowongan karena konsep rehabilitasi orangutan itu seminimal mungkin berhubungan dengan manusia,” katanya usai meresmikan.

Sementara itu, Direktur Penyelamat orang-utan Sintang, Hasudungan Pakpahan mengatakan keberadaan Sekolah Hutan Jerora ini bertujuan untuk proses rehabilitasi Orangutan.

“Konsepnya dibuat kandang guna meminimalisir kontak antara kita sebagai pengelola dengan Orangutan dengan membuat tamel yang terhubung langsung ke area inklosur,” jelasnya. (ZAIN)

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 768 kali