Untan Buka Peluang Penerimaan Mahasiswa Berkebutuhan Khusus

PONTIANAK, KB1- Banyaknya siswa dari sekolah luar biasa(SLB) yang ingin melanjutkan perguruan tinggi negeri di Pontinak. Pihak Universitas Tanjungpura memberikan peluang yang seluas-seluasnya untuk mengikuti seleksi bagis siswa berkebutuhan khusus.
Pembantu Rektor I Abu Bakar Alwi mengatakan selama ini telah melakukan pendampingan dalam pengisian soal SBMPTN bagi siswa yang memiliki kebutuhan khusus.
“Selama ini kita telah melakukan pendampingan kepada siswa untuk membantu dalam proses pengisiannya,” kata Abu Bakar kepada Kalbarsatu.com
Namun untuk fasilitas siswa yang berkemampuan khusus dalam proses pembelajaran tetap di satukan dengan mahasiswa yang normal. “Untuk pembelajaran kita tetap satukan dengan mahasiswa yang normal,” jelasnya.
Sebelum siswa menentukan prodi yang ingin diambil, pihak Untan akan mengarahkan dulu disesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki. “Ada kemampuan-kemampuan yang tidak bisa dipelajari untuk setiap prodi, contoh nya bagi yang penderita buta warna tentu tidak disarankan kuliah di kedokteran dan di mipa,” kata Abu Bakar.
Ia menambahkan untan tidak menyiapkan ruangan khusus untuk mahasiswa yang berkemampauan khusus karena untan hanya menjalankan kebijakan dari pusat. “Jika pusat tidak ada, kita pun juga memfasilitasi itu,” pungkasnya. (sai/03)

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 1300 kali