Warga Gang Semut Terancam Digusur

PONTIANAK, KB1 – Permukiman warga Gang Semut di bantaran Sungai Landak, Kecamatan Pontianak Timur terancam digusur. Pasalnya, Pemkot Pontianak kembali melayangkan surat pemeberitahuan kedua untuk membongkar rumah milik mereka, Rabu (3/12/2014).

Lebih 70 kepala keluarga dari 30 rumah warga terancam dibongkar paksa Pemkot Pontianak. Sebab warga sudah diberitahukan untuk membongkar seluruh bangunan yang ada di bantaran Sungai Landak tersebut.

“Kita bersedia jika rumah kami ditertibkan oleh Pemkot, asalkan Pemkot memberi solusi untuk pemindahan rumah kami ke tempat yang baru seperti rumah susun di daerah Jeruju,” kata Johan, Warga yang mengaku sudah tinggal di kawasan tersebut sejak puluhan tahun lalu.

Pernyataan serupa juga disampaikan Harun Sulaiman, tokoh masyarakat setempat. Menurut dia, warga di gang semut tidak keberatan atas pembongkaran bangunan rumah mereka asal ada dana kompensasi yang sesuai.

“Kami binggung mau pindah ke mana, sedangkan warga gang semut ini bekerja serabutan yang tidak memiliki dana untuk membeli lahan,” keluhnya.

Warga Gang Semut berharap Pemkot Pontianak mempunyai solusi untuk relokasi mereka ke tempat baru yang layak ditinggali. Sedangkan kawasan tersebut, rencananya akan dibangun taman oleh Pemkot Pontianak. (Ang/02)

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 1370 kali