Bagir Manan: Industrialisasi Tantangan Kebebasan Pers

BUKIT TINGGI, KB1-Pemodal menjadi tantangan besar yang dihadapi pelaku industri pers dalam upaya mencapai kemerdekaan, profesionalisme, mutu, dan dan kesejahteraan pelaku industri itu. Ketua Dewan Pers Bagir Manan menilai ada banyak tantangan yang dihadapi insan pers di era semakin berkembangnya teknologi informasi.

“Saya berpendapat, tantangan di industri pers telah disadari oleh kita bersama secara mendalam. Saya akan bedakan tantangan dari internal dan unsur luar,” katanya dalam Seminar Nasional Kewirausahaan Bidang Media Bagi Jurnalis di Balai Sidang Bung Hatta, Bukittinggi, Kamis (27/11/2014).

Dia mengatakan dari internal, tantangan yang dihadapi pelaku media adalah konvergensi pers. Konsekuensi dari kemajuan teknologi itu, monopoli oleh kelompok pemodal rentan terjadi. Persoalannya terletak peraturan, mesti ada rule of the game yang memberi manfaat atas perkembangan tersebut.

Kemudian, tantangan memaksimalkan peran asosiasi pers agar lebih member manfaat terhadap komunitas pers dan peningkatan mutu. Tantangan lainnya, kata Bagir, berkembangnya media sosial yang harus diikuti dengan pemahaman terhadap etika, aturan dan undang-undang, sehingga kehadiran media sosial ikut menguatkan fungsi pers. (ril/01)

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 1342 kali