BBPOM Sita 1291 Kosmetik Ilegal

0
Plh Kepala BBPOM Pontianak, Berthin Hendry Dunard menunjukkan produk kosmetik tanpa izin edar yang berhasil disita dari penertiban di sejumlah toko dan pasar tradisional di Pontianak. Foto Septa Haryati

Pontianak – Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) sita 1291 produk kosmetik di sejumlah toko dan pasar tradisional Kota Pontianak yang tidak miliki izin edar. Produk kosmetik ilegal ini dijual bebas tanpa memperhatikan keselamatan dan kesehatan konsumen.

“Ribuan kosmetik ini illegal, merupakan hasil penertiban BBPOM yang digelar sejak 26 November hingga 30 November lalu. Produk diamankan dikarenakan tidak ada izin edar dari Pemerintah khususnya Balai POM,” ujar Plh Kepala BBPOM Pontianak, Berthin Hendry Dunard, saat gelar jumpa Pers di Kantor BBPOM Pontianak, Jumat (7/12) Pagi.

Menurut dia, ribuan kosmetik tanpa izin edar berhasil diamankan dari sejumlah toko dan pasar tradisional yang ada di Kota Pontianak dan sekitarnya. Produk kosmetik diamankan bervariasi, seperti parfum, lisptik, pensil alis serta berbagai perlengkapan kosmetik yang kerap digunakan oleh kaum hawa.

“Sebagian besar kosmetik yang diamankan dijual bebas di toko kosmetik terkemuka yang ada di Kota Pontianak,” ungkap Berthin.

Untuk itu, dia menghimbau masyarakat khususnya kaum wanita agar menjadi konsumen cerdas. Sehingga tidak menggunakan kosmetik tanpa izin edar, baik dengan pembelian langsung di toko  maupun secara online. Sebab peredaran kosmetik tanpa izin edar belum terjamin keamanan dan mutunya. Sehingga berpotensi merugikan kesehatan konsumen selaku pengguna produk.

“Untuk para konsumen diharapkan dapat selektif, yang pasti jangan tergiur harga murah, namun harus diteliti dahulu produk yang ditawarkan,“ pintanya. (Ata)

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 102 kali

SHARE