Daring di Masa Pandemi

Oleh : Boby Kriswibowo

0

Kebutuhan internet di masa pandemi covid 19 menjadi sangat berkembang pesat, mau tidak mau pengguna (user) gawai (gadget) yang mayoritas bermedia sosial (medsos) mengharuskan mengetahui aplikasi-aplikasi yang mendukung segala kegiatan: mulai dari pekerjaan hingga pembelajaran di sekolah, semua itu dilakukan dengan daring (dalam jaringan).

Aplikasi telekonferensi yang saat ini lagi booming yaitu ZOOM dan GOOGLE MEET yang sering digunakan untuk kegiatan webinar (web seminar).

Nah, ajaran baru sekolah di masa pandemi sekarang ini, tatap muka dalam kegiatan belajar mengajar masih belum dilaksanakan, kegiatan tersebut dilakukan dalam jaringan (daring).

Guru dituntut untuk dapat belajar aplikasi-aplikasi pendukung dalam kegiatan daring, contohnya saat ini guru harus bisa membuat video pembelajaran melalui aplikasi berbasis android.

Membahas aplikasi android untuk membuat video, banyak sekali aplikasi video editing didapatkan melalui play store di android, hanya yang menjadi perhatian adalah spesifikasi perangkat yang akan digunakan, karena masih banyak pengguna (user) hanya mengenal merek perangkat bukan mengenal spesifikasi.

Baca :  Duet Kambing-Sapi

Spesifikasi perangkat sangatlah dibutuhkan untuk kelancaran pengoperasian dalam penggunaan, karena ada perangkat yang tidak mendukung dikarenakan spesifikasi perangkat rendah. Ingat! Merek tidak menjadi bagian utama dari aplikasi.

Kendala pengoperasian aplikasi adanya masih belum mengenal aplikasi tersebut atau kesulitan dalam pengoperasiannya dikarenakan terlalu banyak langkah-langkah yang harus dilakukan dan perlu waktu untuk belajar menggunakannya.

Belajar mengoperasikan aplikasi di android sangatlah mudah, karena tutorialnya banyak di internet, hanya ketik di mesin pencari (search engine) melalui browser internet, seperti google.com.

Berikut link aplikasi video editing berbasis android yang pernah digunakan dan mudah pengoperasiannya:
1. Viva video: https://play.google.com/store/apps/details…
2. Video show: https://play.google.com/store/apps/details…
3. Kine master: https://play.google.com/store/apps/details…
4. FilmmoraGo: https://play.google.com/store/apps/details…
5. Mini Movie: https://play.google.com/store/apps/details…

Baca :  Duet Kambing-Sapi

Aplikasi di atas ada yang berbayar, jadi tidak semuanya gratis.

Hasil dari pengeditan video atau disebut dengan istilah “rendering” tergantung spesifikasi perangkat, kalau spek rendah biasanya menjadi tidak sinkron antara video dan suara ataupun jalannya video seperti kaset kusut, karena merendering video memaksa perangkat bekerja keras.

Deskripsi singkat di atas kalau masih ada yang belum paham atau gaptek (gagap teknologi) sering-seringlah browsing untuk mengenal aplikasi yang akan digunakan atau bertanya pada ahlinya atau orang yang pernah menggunakan aplikasi video editing di android jangan pernah bertanya pada orang yang suka update status galau, sekian dan terima kasih, semoga bermanfaat.

Sumber : empiris

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 112 kali