Kalbar Terima 75 Sapi Induk Impor Australia

0
Sapi indukan impor asal Australia langsung diangkut mengunakan truk ke daerah tujuan. Dok Balai Karantina Pertanian Kelas I Pontianak

Pontianak – Balai Karantina Pertanian Kelas I Pontianak melakukan pengawalan sapi impor asal Australia yang merupakan sapi indukan pengadaan Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian Tahun 2018. Sebanyak 1225 ekor sapi melalui Pelabuhan Tanjung Intan Cilacap Jawa Tengah telah disebar kebeberapa daerah di Indonesia seperti Jawa Tengah, Yogyakarta dan Kalimantan Barat.

Petugas Karantina saat memantau kondisi sapi impor yang sudah dikandangkan. Balai Karantina Pertanian Kelas I Pontianak

Untuk Wilayah Kalimantan Barat, sapi indukan yang didatangkan sebanyak 75 ekor  disebar ke Kabupaten Sambas, Kota Singkawang dan Kabupaten Kayong Utara. Di lokasi daerah sebaran, sapi bibit diserahkan kepada kelompok tani yang telah diseleksi dan dibina oleh Dinas Pangan, Peternakan dan Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat.

“Sapi tujuan Sambas dan Singkawang Sandar di Pelabuah Dwikora Pontianak menggunakan kapal  Dharma Rucitra, sedangkan tujuan Ketapang sandar di Pelabuhan Sukabangun menggunakan kapal Dharma Ferry,” ujar Drh. Ahmad Nasiruddin Amar, Kepala Seksi Karantina Hewan.

Selain itu, sapi indukan telah melewati masa pengasingan dan pengamatan selama minimal tujuh hari di Instalasi karantina Hewan di Indonesia milik Stasiun Karantina PertanianKelas I Cilacap untuk memastikan kondisi kesehatan sapi.

“Petugas Karantina melakukan pengawalan dengan tujuan untuk memastikan sapi indukan sampai di lokasi daerah sebaran serta memastikan kesehatan sapi selama di perjalanan,” tutur Amar. (ar)

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 260 kali

SHARE