Kebakaran Lahan Mulai Ancam Kebun Nanas Siap Panen

Kebakaran hutan dan lahan di Desa Punggur Kecil, Sungai Raya Dalam, Kabupaten Kubu Raya, Selasa sore, mulai merembet dan mengancam kebun nanas yang siap panen. Khawatir bisa sebabkan gagal panen, seorang petani terpaksa berjibaku berupaya memadamkan api dengan peralatan seadanya.

Seperti inilah aksi Darus, seorang petani nanas, saat berusaha menghalau api yang masuk ke area perkebunan nanas miliknya. Lokasi kebunnya berada di Dusun Parit Rintis, Desa Punggur Kecil, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, pada Selasa sore.

Baca :  Menjadi Kubu Raya

Upaya yang dilakukan Darus, agar api tidak meluas sampai ke lahan miliknya yang didominasi tanaman nanas dan sudah siap panen.

Berbekal alat seadanya berupa ember kecil, dan sebuah cangkul, Darus berusaha memadamkan api yang tengah membara di lahan gambut.

Darus mengatakan, upaya pemadaman menggunakan alat seadanya sudah dilakukannya 2 hari terakhir, sedangkan sumber api dia sama sekali tidak mengetahui darimana asalnya.

Darus menambahkan jika dirinya terpaksa memadamkan seorang diri lantaran, pemadam kebakaran tak bisa menjangkau lahannya yang jauh dari jalan raya. Sehingga menyulitkan proses pemadaman lahan. (SEP)

Baca :  Menjadi Kubu Raya
Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 1452 kali

Leave a Reply

Your email address will not be published.