Komisi IV DPR RI Dorong Hilirisasi Produk Buah Durian Kalbar

0
Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Daniel Johan.

Pontianak – Rasa buah Durian Kalbar dinilai tidak kalah dengan Durian lainnya di Indonesia maupun dari luar Negeri. Bahkan, menurut Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Daniel Johan, rasa Durian Kalbar tidak kalah dengan rasa Durian Musang King yang berasal dari Malaysia.

“Karena rasanya yang tidak kalah dengan Durian Musang King,” ujar Daniel Johan, Senin (14/01).

Daniel mengatakan, potensi buah Durian yang dimiliki Kalbar ini harus dikelola secara maksimal. Diantaranya dengan mengatur waktu panennya agar tidak secara bersamaan, sehingga ada sepanjang tahun dan harganya juga stabil.

Baca :  Melayani Cepat dan Mudah, DPMTK-PTSP Pontianak Raih Penghargaan

“Nah ke depan memang yang harus Kita atur, agar harganya stabil dan tidak seluruhnya panen bersamaan. Namun pada saat tidak panen, kita tidak ada Durian. Kita harus belajar dari Medan, dia panen sepanjang tahun. Tetapi juga tidak terlalu banyak,” jelasnya.

Kemudian juga, yang tak kalah penting menurut Daniel yaitu harus didorong hilirisasi produk dari buah Durian. Seperti keripik Durian, yang merupakan keripik termahal dan produk unggulan dari Bangkok, Thailand.

Baca :  Melayani Cepat dan Mudah, DPMTK-PTSP Pontianak Raih Penghargaan

“Harus Kita dorong sekali lagi hilirisasi. Salah satu termahal dari segala jenis keripik itu keripik Durian. Itu menjadi produk unggulan dari Thailand. Sehingga meski kita saat ini belum bisa mengatur untuk tidak panen secara serempak dan terlalu banyak, setidaknya kita harus dorong agar harga itu stabil bisa dihasilkan produk produk,” pungkasnya. (Zz)

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 385 kali