Laksda TNI Greg. Agung Kembali Mendapat Gelar Bangsawan

0

Pontianak – Setelah beberapa waktu lalu dianugerahi gelar Datuk oleh Sultan Pontianak, Laksamana Pertama TNI Greg. Agung W.D., M. Tr (Han) kini memperoleh gelar Pangeran Wira Jaladhi Nagara dari Istana Amantubillah Mempawah. Penambalan gelar kebangsawanan ini diberikan bertepatan dengan tradisi budaya robo-robo di Mempawah.

“Kami sampaikan terima kasih atas gelar yang diberikan dan telah diterima sebagai kerabat dari Istana Amantubillah Mempawah,” ujar Laksamana Pertama TNI Greg. Agung W.D., M. Tr (Han), Kamis (8/11).

Penganugerahan gelar Yang Mulia Amantubillah Pangeran Wira Jaladhi Nagara diberikan kepada Danlantamal XII Laksamana Pertama TNI Greg. Agung W.D., M. Tr (Han) serta gelar Yang Mulia Bhakti Amantubillah Datin Petinggi kepada Ny. Widya Agung.

Acara budaya ini dihibur musik melayu, tarian persembahan sekapur sirih, dilanjutkan sambutan Pangeran Ratu Mulawangsa Istana Amantubillah Mempawah Dr. Ir. Pangeran Ratu Mardan Adijaya. Dia menyampaikan agar masyarakat jangan melupakan sejarah.

“ Tradisi Robo-Robo bagi masyarakat Mempawah untuk mengenang napak tilas kedatangan Opu Daeng Manambon di Mempawah dan mewujudkan rasa syukur atas melimpahnya hasil laut yang dirasakan masyarakat Kuala Secapah atau Mempawah,” jelasnya

Sementara itu, Pj Bupati Mempawah Gusti Ramlana yang membuka langsung tradisi tahunan robo- robo di Desa Pasir Wansalim, Kecamatan Mempawah Timur, Kabupaten Mempawah menjelaskan tradisi masyarakat sebagai warisan budaya leluhur yang harus dilestarikan.

“Dengan semangat Robo-Robo kita lestarikan nilai kearifan lokal sebagai aset budaya bangsa yang harus kita bangun dan jaga keragaman budaya serta kita pelihara kearifan lokal demi kemajuan Kabupaten Mempawah,” ujarnya. (ata)

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 104 kali

SHARE