Sambas  

Mengintip Penyu Bertelur Malam di Pantai Tanjung Api

Di Pantai Tanjung Api, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, kita bisa mengintip proses penyu saat bertelur di malam hari. Berbagai jenis penyu yang masuk dalam daftar satwa dilindungi itu pun ada di lokasi ini.

Berjalan lambat seperti mengesot di atas hamparan pasir putih, penyu-penyu ini mencari lokasi aman untuk menetaskan telur. Satwa dilindungi ini, sedang berada di tepi Pantai Tanjung Api, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat.

Setidaknya ada empat jenis penyu yang bertelur yakni penyu sisik, penyu hijau, penyu lekang dan penyu belimbing. Memilih waktu malam hari, penyu-penyu inipun membuat lubang di pasir. Tentu saja, lokasi yang dipilih dirasanya aman dari predator.

Penyu tidak bertelur setiap saat, melainkan hanya di bulan Maret sampai Agustus, seperti yang terpantau di Pantai Tanjung Api.

Seusai penyu bertelur, para petugas langsung memindahkannya ke tempat penetasan yang lebih aman. Tentu saja untuk menghindari agar telur penyu tidak dimakan oleh para predator serta aksi perburuan manusia. (ZAI)

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 537 kali

Leave a Reply

Your email address will not be published.