Penggulung Benang Otomatis Karya “Biak Sambas” Juara LKP

0
Mesin penggulung benang otomatis untuk tenun songket saat dinilai oleh salah seorang juri (kiri): Ramli Abidin. Foto Ary Setyawan

Pontianak – Lomba karya perekayasaan (LKP) yang digelar Balitbang Kalbar di Hotel Kapuas Dharma Pontianak, Kamis (22/11) pagi berakhir dan mengumumkan hasil pemenangnya.

Kompetisi adu invensi ini dimenangkan oleh Suhendra dan Feby Nopriandy; peserta asal Kabupaten Sambas. Dengan hasil karyanya; mesin penggulung benang otomatis untuk tenun songket.

Suhendra yang kesehariannya sibuk sebagai dosen di Politehnik Negeri Sambas ini, tidak menyangka hasil ciptaannya bersama Feby menang dan berhasil mengalahkan tujuh finalis lainnya meski masih dalam bentuk prototipe. “Kami tidak menyangka invensi karya kami  menang,” ujarnya.

Invensi karya Suhendra dan Feby ini nampak sederhana, namun memang mesin ini memiliki sistem pengaturan benang yang bisa diatur kecepatan saat digunakan.

“Mesinnya ada sistem pengaturan benang, jadi posisinya udah otomatis. Terus dilengkapi kopling, jika mesin macet atau benang kusut mesin akan tetap jalan namun proses penggulungan akan berhenti,” jelasnya.

Sebagai pemenang LKP tahun ini, Suhendra dan Feby memboyong hadiah utama senilai Rp. 10 juta. (Ar)

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 629 kali