Perjuangkan Rizqi Sembuh Meningitis

0
Emi dan anaknya Rizqi saat ditemui di rumah singgah Jalan Adi Sucipto menunggu agar bisa segera mendapat perawatan medis di Rumah Sakit, Kamis (14/3/2019) Siang. Foto Septa Haryati

Kubu Raya – Penyakit meningitis biasa dikenal radang selaput otak menjadi momok buat balita. Nasib kurang beruntung inipun dialami Rizqi (11), sudah hampir 1,5 Tahun. Putra sulung pasangan Aidil dan Emi, warga Jalan Pancasila Selatan RT.11/RW.06, Desa Padang Tikar 2, Kecamatan Batu Ampar, Kabupaten Kubu Raya ini harus dirujuk ke RSUD Soedarso Pontianak.

“Saya sedih, tapi mau gimana lagi akhirnya saya bersama suami membawa Rizqi ke rumah singgah di Jalan Adi Sucipto sambil menunggu RSUD Sudarso ada kamar,” ujar Emi, ibunda Riqki.

Hati Emi (33) semakin pilu. Kesedihan yang dirasa semakin bertambah ketika Rizqi yang dirujuk dari Puskesmas Batu Ampar sempat ditolak RSUD Soedarso Pontianak. Alasanya, ketika itu kamar sedang penuh. Kemudian pihak RSUD Soedarso mengarahkan agar dibawa ke Rumkit. Namun lagi-lagi Emi harus menerima kenyataan pahit. Karena pihak Rumkit juga menolak dengan alasan tidak ada alat untuk menangani jenis penyakit yang diderita Rizqi.

Baca :  Rencana Pembangunan Wajib Libatkan Perempuan

Emi mengatakan, awalnya Rizqi mengalami panas tinggi hingga alami stip dan akhirnya mengalami keadaan seperti ini. Dulu Rizqi pernah di bawa ke RSUD Soedarso dan dirawat selama kurang lebih satu bulan. Setelah demamnya hilang Rizqi kemudian dibawa pulang.

“Namun setelah pulang dari rumah sakit hingga saat ini Rizqi tetap tidak mengalami perubahan, bahkan badanya semakin kurus dan tidak bisa melakukan aktifitas seperti anak-anak lainya,” sesal Emi.

Menanggapi hal ini, Wakil Bupati Kubu Raya, Sujiwo mengatakan Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Kesehatan Kubu Raya telah menangani Rizqi dengan memberikan perawatan di Puskesmas Kecamatan Batu Ampar serta memberikan fasilitas BPJS untuk Rizqi.

Baca :  Melayani Cepat dan Mudah, DPMTK-PTSP Pontianak Raih Penghargaan

“Pemkab melalui Dinas Kesehatan telah memantau dan memberikan perawatan di Pusksemas Batu Ampar serta telah memberikan BPJS, sehingga hari ini dirujuk ke Rumah Sakit,” ungkapnya.

Saat ini, Dinas Kesehatan Kubu Raya sedang melakukan koordinasi dengan RSUD Soedarso untuk penanganan lebih lanjut terhadap Rizqi. “Sejak awal mengetahui ada warga Kecamatan Batu Ampar yang alami penyakit ini, kita langsung turun tangan dan informasi dari Dinas Kesehatan saat ini Rizqi sudah dapat dirawat inap di RSUD  Soedarso,” jelas Sujiwo. (Ata)

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 370 kali