Pontianak Batal Zona Hijau

0
Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar saat menggelar razia di Pontianak, warga yang tidak menggunakan masker langsung diswab di tempat. Foto Endra

Pontianak – Sempat mencatatkan nol kasus Corona pada Sabtu 11 Juli, namun 5 kasus positif baru ditemukan dari razia masker di Kota Pontianak, pada Senin (6/7/2020) lalu. Temuan kasus baru ini menjadi bukti virus corona masih ada dan otomatis menggugurkan status zona hijau di Kota Pontianak.

Sebanyak lima dari 68 orang yang terjaring razia masker di Pontianak, terkonfirmasi positif virus Corona. “Kita ingatkan untuk terus disiplin menerapkan protokol kesehatan karena zona hijau di Pontianak atau daerah lain, tidak akan bisa berlangsung lama jika masyarakatnya tidak disiplin,” jelas Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, saat ditemui, Senin (13/7/2020).

Edi Rusdi mengatakan, masih banyak ditemukan warga saat berkendara sepeda, sepeda motor maupun ke luar rumah, tidak menggunakan masker. Prilaku ini tentu sangat membahayakan karena rentan terjadi penularan.

Sejauh ini, Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar telah melakukan dua kali razia masker. Pertama di depan Auditorium Universitas Tanjungpura Pontianak, pada Senin (6/7/2020). Dalam razia ini terdapat 68 orang diswab di tempat dan 5 di antaranya positif Corona.

Kemudian razia masker kedua digelar di Bundaran Tugu Digulis Untan Pontianak, Minggu (12/7/2020)  kemarin. Dalam razia ini ditemukan 86 warga tidak menggunakan masker dan juga langsung dites swab, namun hasil swab razia kedua belum keluar. (End)

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 1466 kali