Sayur Hidroponik di Markas Paldam XII/Tpr Dipanen Warga

Menanam Sayur Hidroponik di Markas Upaya Sediakan Cadangan Pangan

0
Warga memanen sayuran hidroponik di Markas Paldam XII/Tpr, Sabtu 5 Juni 2021. Foto IST.

Kubu Raya – Sejumlah Anggota Peralatan Kodam Dua Belas Tanjungpura (Paldam XII/Tpr) memanen sayuran hidroponik bersama-sama warga di Markas Paldam, Jalan Adi Sucipto, Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya pada Sabtu 5 Juni 2021.

Sayuran yang dipanen tersebut merupakan buah hasil dari upaya dan kreasi Anggota Paldam XII/Tpr, yang memanfaatkan pekarangan di lingkungan markas sebagai satu diantara langkah dalam menyediakan cadangan pangan masyarakat, khususnya sayuran.

Meski penanaman sayuran hidroponik ini belum ditanam dalam skala besar, namun setidaknya tehnik dari menanam sayur hidroponik telah dipelajari dan diketahui Prajurit, sehingga suatu saat tentu akan bermanfaat guna dalam kehidupan.

Kepala Peralatan Kodam Dua Belas Tangjungpura (Kapaldam XII/Tpr), Kolonel Cpl Akhmad Baihaki yang turut memanen sayuran bersama warga, menjelaskan bahwa tehnik cara menanam sayur ini dikuasai Anggotanya usai belajar dengan penggiat hidroponik di Kubu Raya.

Setelah mempelajari, Anggota pun mulai memanfaat waktu luang di sela-sela tugas untuk mencoba melakukan penanaman sendiri di Markas bersama penggiat tersebut. Hasilnya kini pun telah dapat dipanen.

Dikatakan Kolonel Cpl Akhmad Baihaki, dengan keberhasilan penanaman hidroponik ini, maka ia pun berharap Anggota turut dapat mensosialisikan dan mengajarkannya kepada masyarakat.

“Kami ingin dengan panen bersama masyarakat ini menjadikan semangat masyarakat untuk mencoba menanam sayuran secara hidroponik,” tutur Kapaldam XII/Tpr.

Apalagi dalam kondisi pandemi yang masih saja melanda seperti sekarang ini, maka masyarkat mesti tahu belajar akan cara memenuhi kebutuhan pangan secara mandiri agar tak tergantung dengan pihak lain.

“Seperti kita ketahui, Covid masih melanda sehingga dengan program ini tentu masyarakat dapat memenuhi kebutuhan pangan dengan cara bercocok tanam sendiri,” jelasnya.

Nova, salah seorang warga setelah ikut panen sayur hidroponik di Markas Paldam XII/Tpr, mengaku menjadi tertarik untuk mencoba menanam seperti ini. “Saya akan mempraktekan program ini di Desa dan lingkungan kami,” singkat Nova.

Tak hanya menanam sayuran hidroponik, untuk menyediakan cadangan pangan selama Pandemi, Paldam XII/Tpr rupanya juga turut memelihara bibit ikan di sejumlah kolam yang ada di lingkungan Markas. (Ata/02)

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 144 kali