Seminggu Dinkes Temukan 50 Orang Terinfeksi Hepatitis A

0

Singkawang, KalbarOke.com – Dalam seminggu terakhir ini, Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kota Singkawang telah menemukan kurang lebih 50 orang terinfeksi penyakit Hepatitis Tipe A, sebagian besar korbannya merupakan anak usia sekolah. Pihak Dinas pun akan melakukan investigasi lebih dalam untuk mengetahui penyebab pastinya, terutama terhadap sekolah yang sejumlah muridnya tersuspect penyakit tersebut.

Saat ini di Kota Singkawang telah ditemukan adanya sejumlah masyarakat yang menjadi korban penyakit Hepatitis tipe A, Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kota Singkawang yang pada Sabtu pagi melakukan rapat, menerima laporan ada kurang lebih 50 warganya tersuspek penyakit tersebut, sebagian besarnya merupakan anak usia sekolah.

Kepala Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kota Singkawang, Achmad Kismed mengatakan, untuk setiap laporan yang diterima, pihaknya akan melakukan tindakan epidemiologis yakni mencari informasi yang lebih detail terkait penyakit tersebut, setelah itu, pihaknya akan menyampaikan informasi tersebut kepada masyarakat.

Kismed pun mengungkapkan, sejumlah sekolah yang muridnya ada menjadi korban penyakit tersebut, pihaknya berencana akan melakukan investigasi ke sekolah tersebut untuk dilakukan investigasi lebih dalam, dirinya juga meminta kepada pihak sekolah untuk menutup sementara kantin di sekolahnya.

Kepala Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kota Singkawang rencananya akan menyampaikan laporan tersebut kepada walikota Singkawang pada Senin mendatang, untuk menindaklanjuti apakah status saat ini perlu dinaikkan menjadi kejadian luar bisa atau tidak.

Dirinya pun berpesan kepada masyarakat, untuk tidak perlu khawatir terhadap penyakit tersebut, akan tetapi harus mewaspadai dengan cara pola hidup bersih dan sehat, seperti menggunakan air yang bersih untuk dikonsumsi, mencuci tangan menggunakan sabun sebelum makan dan sesudah buang air, serta memasak makanan dengan matang. (UL)

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 740 kali