Ada Hotel Baru di A Yani. Karyawannya Semua Siswa Sekolah

PONTIANAK, KB1- Walikota Pontianak, Sutarmidji meresmikan hotel baru di Jl A Yani I. Tepatnya adalah Hotel Training milik SMKN 5 Pontianak. Selain hotel, di sekolah ini juga dilengkapi sebuah laboratorium tata kecantikan kulit hasil kerjasama Pemerintah Korea Selatan melalui Korea International Coorperation Agency (KOICA).

Sutarmidji menyambut baik keberadaan hotel ini yang berbasis pendidikan di Kalbar. Kehadiran hotel ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan atau skill siswa di bidang perhotelan.  Terlebih SMKN 5 memiliki jurusan akomodasi perhotelan sehingga hotel ini bisa digunakan untuk praktek maupun pelatihan siswa supaya lebih mahir dan berimbas terhadap profesionalitas siswa dalam mencetak tenaga kerja yang handal di bidang perhotelan.

“Selain memiliki pengalaman praktek kerja di bidang perhotelan dan tata kecantikan, siswa juga memiliki skill yang baik sehingga output siswa yang lulus nanti memiliki tenaga ahli yang siap pakai, yang tentunya berimbas juga terhadap upah yang diterimanya saat bekerja nanti,” paparnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Pontianak, Mulyadi menambahkan,pihaknya hanya merenovasi ruangan laboratorium kecantikan dan perlengkapan kamar hotel sebagai salah satu syarat yang diminta KOICA Korea. Sebab KOICA dalam usulannya tidak akan mengirimkan bantuan peralatan yang dibutuhkan jika ruangan laboratorium tidak representatif.

Bangunan hotel merupakan proyek dari Dinas Pendidikan Kalbar dan Dinas Pendidikan Kota Pontianak. Untuk pembangunan fisik pendanaannya dari Pemprov, sedangkan kelengkapan interior pendanaan dari Pemkot.

“Kami berharap seiring dengan sekolah ini yang telah menunjukkan pembenahan sarana dan prasaran pendidikannya, akomodasi yang ada di SMKN 5 dapat dipromosikan kepada masyarakat sehingga masyarakat umum dapat menginap ataupun menata kecantikan kulit seperti yang saat ini sedang tren di dunia remaja,” harapnya.

Kepala SMKN 5, Uray Muhani menyatakan, keberadaan hotel SMKN 5 memiliki fasilitas sebanyak 15 kamar, dengan 1 ruangan VIP, 2 buah aula, yang rata-rata bisa menampung 150-200 orang. Hotel ini nantinya akan beroperasi layaknya sebuah hotel, yang sementara ini pihak sekolah masih memberdayakan semua siswanya, agar ikut terlibat dalam mengaplikasikan ilmu mereka.

“Kita berencana akan mengembangkan tenaga manajemen yang ada sembari menunggu perkembangan hotel ini,” jelasnya.

Pembangunan hotel yang berada di lantai tiga ini ditambahkan Uray Muhani, sudah selesai sejak tahun 2012 lalu namun baru diresmikan saat ini. Hal itu lantaran dalam perjalanannya hotel masih membutuhkan penambahan sarana dan prasarana untuk membuat tamu merasa nyaman. Dengan diresmikana hotel ini, SMKN 5 menjadi satu-satunya sekolah kejuruan di Kalbar yang memiliki sebuah bangunan hotel. (jim/01)

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 1444 kali