AGUSTUS 2015 EKSPOR KALBAR 45,95 JUTA USD

PONTIANAK, KB1 – Berdasarkan rilis Badan Pusat Statistik Kalbar awal Oktober lalu, nilai ekspor Kalimantan Barat mengalami penurunan sebesar 0,35 persen pada bulan Agustus 2015. Komoditas utama ekspor propinsi ini masih didominasi oleh kayu dan karet serta barang-barang hasil pengolahannya.

Kali ini penurunan nilai ekspor terjadi sebesar 0,35 % dari 46,11 juta USD pada bulan Juli 2015 turun menjadi 45,95 juta USD. Sekitar 78.71 persen dari ekspor kalbar pada Bulan Agustus terdiri dari tiga golongan utama yaitu: kayu, karet serta barang-barang turunannya dan yang terakhir adalah barang dari industri makanan.

“Komoditas utama ekspor kita masih dipegang tiga golongan utama, karet dan barang dari karet, kayu dan barang dari kayu serta barang dari industri makanan” papar Badar Kepala BPS Kalbar.

Sedangkan negara tujuan ekspor Kalimantan Barat masih didominasi negara-negara di Asia yaitu: Jepang, Korea Selatan dan Tiongkok.

“Sekitar 65,24 persen dari total ekspor kalbar tujuannya masih ke negara-negara Asia, porsi terbesar ke negara Jepang” lanjut Badar.

Hanya sebagian kecil ekspor kalbar masuk ke negara-negara Eropa, Amerika dan Australia. Berdasarkan data BPS Kalbar, keseluruhan ekspor Bulan Agustus ini 73,92 persennya ditujukan ke negara-negara di Benua Asia (fjr/06).

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 1820 kali