BMKG SUPADIO PANTAU 310 TITIK API

PONTIANAK, KB1 – Berdasarkan pantauan Badan Meteorologi dan Geofisika Stasiun Supadio Pontianak, tanggal 22 September 2015 terdapat 310 titik api yang tersebar di seluruh Propinsi Kalimantan Barat. Dari citra satelit Modis, dapat terlihat sebagian besar titik api tersebut berada di Kabupaten Ketapang dengan jumlah mencapai 172 titik, diikuti Kabupaten Sintang 52 titik, Kabupaten Kubu Raya 49 Titik dan Kayong Utara 26 titik. Menurut Prakirawan BMKG Supadio, Dina Ike Ayu, hanya tiga daerah di Kalbar yang tidak memiliki titik api.

“Sebaran titik api kali ini hampir terdapat di semua daerah, kecuali Bengkayang, Singkawang, dan Kota Pontianak, paling banyak memang masih di Ketapang titik apinya” ujarnya kepada kalbarsatu pada Selasa (22/9/15).

Potensi hujan juga diperkirakan masih rendah, namun cukop tinggi di wilayah Kalimantan Barat bagian utara. Tiga hari kedepan, BMKG Supadio memperkirakan cuaca di daerah ini akan cenderung berawan. Namun pontensi hujan cukup besar terjadi di wilayah Kalbar bagian utara seperti Kabupaten Sambas dan Kotamadya Singkawang.

“Curah hujan memang masih rendah di Kalimantan Barat, berdasarkan prakiraan cuaca tiga hari kedepan potensi hujan kemungkinan terjadi di bagian utara Kalbar seperti Sambas dan Singkawang, itu pun dengan intensitas yang masih rendah” pungkasnya (wah/06).

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 1612 kali