DUA BUAH GRANAT DITEMUKAN DI SUNGAI KAPUAS DEKAT TOL KAPUAS II

PONTIANAK, KB1 – Dua buah granat yang diperkirakan masih aktif ditemukan warga Gg Kasturi Pontianak Barat Rabu (7/1015) siang. Penemuan tersebut berawal saat Kamis Bujang (56), seorang warga setempat yang bekerja sebagai nelayan sekaligus pencari besi di dasar sungai mencari besi menggunakan magnet dari atas perahunya, saat mengail besi di sekitaran Tol Kapuas II Kecamatan Sungai Raya, dua buah besi berbentuk lonjong menempel pada magnet milik Bujang.
Usai menemukan besi tersebut Bujang kemudian membawanya pulang, bahkan dirinya sempat mencuci dan membersihkan barang temuannya layaknya besi kebanyakan. Bujang mengaku awalnya tidak mengetahui bahwa benda yang ditemukannya tersebut adalah granat.
“Saya memang biasa nyari besi di dasar sungai ini, hari ini nyari seperti biasa, pas tadi siang dua granat itu nempel di magnet, tak tahu saya kalau itu granat, kawan saya yang bilang itu granat” cerita Bujang.
Rekan Bujang yang menjelaskan prihal granat kepada Bujang adalah Nasir. Usai mengetahui benda temuannya itu termasuk benda yang berbahaya, maka mereka melaporkan peristiwa ini ke Polsek Pontianak Barat sekitar pukul 19.00 malam.
Mendapat laporan tersebut petugas Polsek Pontianak Barat segera menghubungi Tim Gegana. Alhasil Tim penjinak bom segera melakukan pengamanan dan mengevakuasi dua buah granat tersebut.
“Saat ini dua unit granat yang ditemukan warga telah diambil alih Tim Gegana, kita sangat menghargai langkah warga yang melaporkan penemuan ini kepada pihak kepolisian, tindakan seperti ini perlu ditiru agar kamtibmas tetap terjaga dengan baik” ujar Kapolsek Pontianak Barat, Kompol Joko Sulistiono.
Berdasarkan keterangan terakhir, dua unit granat ini diperkirakan masih aktif dan tergolong granat jenis nanas (wah/06).

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 1454 kali