Durasi Tes CPNS Singkat, Widya Khawatir Tak Lulus Ujian

PONTIANAK, KB1- Widya tampak lesu begitu ke luar dari ruang tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk formasi Pemprov Kalbar, di kampus STIMIK Pontianak, Rabu (15/10/2014) siang. Hari itu ia sedikit khawatir, takut tidak lulus ujian.

“Gimana kita gak khawatir. Panitia hanya kasih waktu 90 menit untuk jawab 100 soal,” tuturnya kepada kalbarsatu.com.

Pada Rabu pagi sejumlah peserta tes CPNS 2014 memadati kampus STMIK Pontianak. Mereka tampak konsentrasi penuh menjawab semua soal tes yang disediakan panitia.

Hanya saja, pada pelaksanaan tes kali ini sejumlah peserta mengeluhkan durasi waktu yang pendek untuk mengisi lembar jawaban melalui komputer. Geri satu diantara peserta mengaku panik lantaran tidak seimbang antara batas waktu dan banyaknya materi soal yang harus dikerjakan.

Bila dikalkulasi, batas waktu 90 menit dengan jumlah 100 soal, artinya tiap peserta tes CPNS hanya bisa memanfaatkan waktu satu menit untuk mengisi satu soal. Durasi segitu dianggap terlalu pendek untuk ukuran tes dengan menggunakan komputer.

Pantauan kalbarstau.com, pelaksanaan tes CPNS di kampus STIMIK kali ini berlangsung ketat. Pihak panitia memasang sejumlah titik kamera CCTV untuk memantau jalannya tes. Bahkan tercacat pada hari pertama tes, satu orang peserta dinyatakan gugur lantaran telat datang ke lokasi. Menurut panitia, tes CPNS di tempat ini akan berlangsung 15-19 Oktober dengan memberlakukan enam shift setiap harinya. (ang)

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 1326 kali