Ekspor Kalbar Andalkan Tiga Komoditas

PONTIANAK, KB1 – Ekspor Kalimantan Barat pada 2014 mengandalkan tiga komoditas utama yakni karet, kayu dan barang dari kayu, ampas atau sisa dari industri makanan.

Hal itu berdasar pada data statistik yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) Kalimantan Barat yang mencatat perkembangan ekspor tiap bulannya.

Saat ditemui Kalbarsatu.com Kepala BPS Kalbar Badar mengatakan, untuk tiga komoditas andalan ekspor Kalbar yakni karet, kayu dan barang dari kayu, ampas atau sisa dari industri makanan pada November 2014 mengalami penurunan drastis.

Dijelaskan Badar, penurunan yang dialami ekspor pada November 2014 sebesar 28,39 persen dibanding Oktober 2014 dari 58,71 juta dolar AS turun menjadi 42,04 juta dolar AS.
“ Untuk eskpor kita yang terbesar yaitu tujuan Jepang dengan nilai ekspor 8,40 juta dolar AS, ke Tiongkok sebesar 8,32 juta dolar AS dan terakhir yaitu tujuan negara Korea Selatan sebesar 7,9 juta dolar AS. Nah, itulah negara terbesar ekspor kita yang mengandalkan tiga komoditas tersebut,” jelas Badar. (Sai/03)

 

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 1491 kali